"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Monday, September 29, 2014

Harapan Bupati Bondowoso pada Pemerintahan Jokowi-JK



Bondowoso, MAJALAH-GEMPUR.Com. Pengumuman Kabinet Kerja Pemerintahan Ir. H Joko Widodo – HM. Jusuf Kalla diharapkan membawa harapan cerah bagi daerah tertinggal. Salah satunya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso.


Bupati Bondowoso, Drs. H. Amin Said Husni mengungkapkan, besar harapan kami yang berada di daerah tertinggal seperti Bondowoso untuk mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah pusat pada era kepemimpinan Jokowi – JK.

Menurutnya, selama ini daerah tertinggal seringkali dipaksa untuk berlomba dengan daerah maju lainnya. Seharusnya, ada perlakuan khusus bagi daerah tertinggal, sehingga bisa berdiri sejajar dengan daerah lainnya.

“Semoga komitmen untuk lebih peduli pada daerah lebih tegas dalam pemerintahan Jokowi – JK, terutama daerah tertinggal. Perlu ada perlakuan dan keberpihakan agar daerah tertinggal bisa segera maju seperti daerah lain. Selama ini kami merasa dipaksa untuk maju agar sama dengan kabupaten lain, padahal kapasitasnya berbeda,” ujar Amin Said Husni Senin (29/9)

Menurut Amin, selama ini Pemerintah Pusat memperlakukan semua kabupaten dengan rumus yang sama dalam menentukan Dana Alokasi Umum (DAU) ataupun Dana Alokasi Khusus (DAK), maka selama itu pula daerah tertinggal sulit untuk bangkit dengan cepat.

Seharusnya, kata Amin, daerah tertinggal diberikan perlakuan secara khusus misalnya, ada DAK khusus daerah tertinggal yang diberikan untuk memacu percepatan pembangungan agar bisa sejajar dengan kabupaten maju lainnya. Amin mengatakan, saat ini hal yang paling mendesak untuk dibenahi di Bondowoso adalah infrastruktur.

“Memang perbaikan jalan kabupaten merupakan kewenangan daerah, tapi untuk Bondowoso kalau diterapkan sama dengan kabupaten lain, tentu akan sangat kesulitan. Kami selalu gali lubang tutup lubang. Kami bangun satu jalan, jalan yang lain sudah rusak, begitu seterusnya,” ujarnya.

Saat ini Bondowoso masih masuk dalam jajaran daerah tertinggal di Jawa Timur. Untuk keluar dari katagori tersebut, Bondowoso masih memiliki pekerjaan rumah untuk membenahi akses jalan, kesehatan dan pengurangan angka kemiskinan. (midd)

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: