"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Wednesday, 29 October 2014

Dorong Budaya Makan Ikan, Pemkab Bondowoso Gelar Lomba Masak Ikan

Bondowoso. MAJALAH-GEMPUR.Com. Tingkat konsumsi ikan masyarakat di kabupaten Bondowoso Jawa Timur, baik untuk ikan hidup maupun ikan yang segar masih sangat rendah, Hal ini terlihat masih minimnya para pedagang ikan di pasar tradisional.

Minimnya olahan berbahan ikan yang awet dan mudah disajikan perlu didorong, ditingkatkan serta digali kreativitasnya, sehinga tercipta beragam menu berbahan dasar ikan, salah satunya melalui lomba memasak ikan.  Kata Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Dinakkan), Ir. Dwi Wardana, Rabo, (29/10)

Tersedianya berbagai resep masakan ikan, diharapkan minat masyarakat akan terus meningkat, sekaligus mendukung kecukupan gizi, protein dalam keluarga, terutama bagi anak, dan remaja sebagai generasi penerus bangsa. Yang tidak saja enak, murah, tapi juga bergizi.,serta mudah dibuat.

Lomba masak berbahan dasar ikan nila, yang digelar Pemkab merupakan cara memasyarakatkan ikan air tawar. Menurut Dwi, konsumsi ikan masih rendah, yaitu 24,9% perkapita dalam setiap tahunnya. Dan tahun 2014 ini, diharapkan mampu mencapai target 31% perkapita.

Lomba ini diikuti oleh 50 guru PAUD dan TK, yang tersebar di seluruh kecamatan. Dalam lomba ini, terdapat 50 jenis olahan makanan yang dihasilkan oleh peserta. Peserta lomba harus mengolah makanan  tanpa bahan kimia, diantaranya pengawet, penyedap dan pewarna. (Midd)

Berita Terkait Pendidikan

No comments: