"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Monday, 27 October 2014

Hama Serang Puluhan Ha Lahan Pertanian

Bondowoso, MAJALAH-GEMPUR.Com. Puluhan hektar lahan pertanian padi di wilayah Pemerintahan kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, diserang hama penyakit. selama Oktober saja berbagai hama menyerang puluhan hektare lahan padi di beberapa daerah.

“Ada banyak hama yang menyerang tanaman petani,  seperti wereng coklat, tikus, penggerek batang, tungro dan bakteri. Yang agak luas itu penggerek batang.” kata Koordinator Pengamat Hama, Dinas Pertanian (Disperta) dan Holtikultura, Solimin, Senin (27/10).

Untuk bulan ini saja menurut Solimin  sudah ada 31 hektare yang diserang hama tikus ada 20 hektare. Disperta dan Holtikultura, terus melakukan penanganan pada serangan hama penyakit, agar tidak menyebar ke lahan pertanian lainnya. 

Berdasarkan pantauan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL), serangan ini terjadi di beberapa kecamatan, seperti Grujukan, Tamanan, Jambesari Darussalah, Wonosari, Tapen, Klabang, Botolinggo dan Kecamatan Prajekan. 

Disperta dan Holtikultura mengimbau kepada para petani untuk mewaspadai serangan hama wereng coklat menjelang datangnya musim hujan. Petani diminta segera melaporkan kepada petugas manakala menemukan serangan hama yang mengkhawatirkan.  (Midd)

Berita Terkait Pertanian

No comments: