"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Kamis, 16 Oktober 2014

Perangkat Desa Se Bondowoso Diajari Kelola Arsip

Bondowoso, MAJALAH-GEMPUR.Com. Guna memaksimalkan kemampuan pengelolaan arsip aparatur pemerintahan desa, melalui Kantor Perpustakaan dan Arsip (KPA), Pemkab Bondowoso melakukan Bimtek kepada Sekretaris Desa dan Sekretaris kelurahan.

Bimtek dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman Sekdes atau Seklur terhadap pentingnya arsip dalam pelaksanaan kegiatan pemerintahan dan kehidupan kebangsaan. Demikian disampaikan Arsiparis ahli dari Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, Roni Andiyanto, Amd, S.Sos.

Sementara Subekti, Kasi (Kepala Seksi) Mobil Perpustakaan Keliling dan Arsip mengungkapkan,  “Di desa masih banyak arsip-arsip yang tidak tertata dengan baik, bahkan ada yang hilang,” katanya. Ditambahkan, tugas dan fungsi kearsipan menjadi suatu kebutuhan yang perlu diperhatikan oleh setiap Sekdes, Seklur dan Kaur di desa.

Karena arsip tercipta seiring dengan berjalannya aktifitas di masing masing desa dan kelurahan. Selain itu, saat ini desa sebagai ujung tombak pemerintahan, harus menjadi pioneer dalam akuntabilitas pemerintahan. Untuk itu perlunya arsip dikelola secara baik dan cermat..

“Memang harus berbenah mulai sekarang. Pengelolaan arsip harus diperhatikan, agar tetap terjaga keutuhan dan keamanan informasi. Sehingga saat dibutuhkan, arsip yanmg dibutuhkan akan mudah ditemukan, karena sudah tertata dengan rapi,” pungkasnya.

Kegiatan ini diikuti 80 Sekdes, Seklur dan Kaur di 23 Kecamatan se Kabupaten Bondowoso yang digelar di aula Dinas Pariwisata, Pemuda, Olahraga dan Perhubungan (midd)

Berita Terkait Politik dan Hukum

Tidak ada komentar: