"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Jumat, 24 Oktober 2014

Seni Pencak Silat Cimande Memeriahkan Tahun Baru Islam

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Momen Tahun baru Islam 1436 H tak sia-siakan oleh ketua LSM Piket Nol, Untuk memeriahkan pergantian tahun penanggalan Islam ini mereka menggelar pertunjukan seni budaya Pencak Silat Cimande.

Disamping memeriahkan Tahun baru Islam, acara di Lapangan Bangsalsari Jember yang dihadiri Mantan PJ Bupati Jember, Teddy Zarkasih, Camat, Danramil, Polsek Bangsalsari dan  ribuan pengunjung ini, dimaksudkan untuk melestarikan Seni Budaya Pencak silat warisan nenek moyang.

Bahkan kegiatan yang digelar Jumat Malam ini, dikukuhkan 7 Pendekar Pencak Silat Cimande. “Disamping memeriahkan tahun baru Islam, kegiatan ini untuk melestaraikan seni budaya yang sudah lama hidup dan berkembang di Indonesia”, kata Ketua LSM Piket Nol Miftahur Rahman Jumat (24/10)

Pasalnya menurut Memet, panggilan akrap Miftahur Rahman bahwa “Saat ini seni budaya Pencak Silat Cimande warisan nenek moyang kita ini mulai tergerus oleh budaya baru, untuk itu agar kesenian ini tetap hidup dan berkembang di Indonesia, kitalah yang wajib untuk melestariakan”  tambahnya

Dalam acara pertunjukan ini juga di perlihatkan kemampuan para pendekar baik yang masih anak –anak, remaja hingga dewasa memperagakan jurus-jurus dan juga keahlian Seni Bela Diri Cimande yang mendapat aplaus masyarakat yang memadati lapangan Bangsalsari.

Hal senada disampaikan Kepala Bapemas Pemprov Jatim Teddy Zarkasih, “Seni Bela Diri Silat Cimande ini merupakan salah satu budaya tradisional yang ada sejak lama. Kita sebagai generasi penerus wajib melestarikan, agar tak tenggelam oleh jaman yang semakin modern, “ kata mantan PJ Bupati Jember ini.  (eros/midd)

Berita Terkait Sosial Budaya

Tidak ada komentar: