"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Wednesday, 29 October 2014

Sistem Resi Gudang Jember Terbaik Se Jawa Timur

Suasana saat peresmian resi gudang Jember
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Petani dan Kelompok tani di Jember Jatim mulai tahun ini bisa tersenyum lega, pasalnya Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemkab Jember Rabu (29/10) meresmikan gudang dengan sistem Resi Gudang 

Peresmian Gudang yang berlokasi di Desa Wirowongso Kecamatan Ajung ini dilakukan oleh Sekda, Sugiharto, SH, dengan disaksikan Perwakilan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bappebti), Kepala Disperindag, skpd terkait dan beberapa organisasi dan kelompok tani.

“Saya berharap agar gudang SRG ini tidak dibiarkan mandul, kelompok tani harus memanfaatkannya karena dengan adanya Gudang SRG para petani bisa terhindar dari tengkulak nakal, sebab petani bisa menitipkan hasil panennya di Resi Gudang ini,” ujar Sugiarto salam sambutannya.

Sugiharto, juga mengatakan bahwa para petani yang menitipkan hasil panenannya di gudang SRG tidak dikenakan biaya apapun, karena semua biaya ditanggung pemerintah Kabupaten Jember. “Biaya titip di gudang SRG ini sebesar Rp. 75 per kilogramnya, dengan jangka waktu penitipan selama 3 bulan, dan tidak ada biaya untuk titip, sebab sudah ditanggung oleh pemerintah daerah,” ujar Sugiarto.

Kepala Disperindag dan ESDM, Ahmad Sudiyono, mengatakan bahwa sedianya gudang dengan Sistem Resi Gudang (SRG) akan diresmikan pada akhir 2013 lalu, namun karena terkendala, beberapa persyaratan administrasi, baru bisa diresmikan saat ini.

“karena masih kurang persyaratan, maka peresmianaya kita tunda, kalau digunakan sebelum persyaratan terpenuhi, maka gudang ini hanya gudang biasa,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Nasional kepada beberapa media usai peresmian Gudang dengan Sistim Resi Gudang Rabo (29/10) .

Kasi Lelang dan Pergudangan di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi Yuli Subagio mengatakan bahwa saat ini di seluruh Indonesia Resi Gudang masih ada sekitar 117 gudang sedangkan di Jawa Timur sendiri baru 18 gudang.

“Di Negara kita gudang dengan System Resi masih ada sekitar 88 gudang dari 117 yang sudah dibangun, dan untuk jawa timur sendiri baru ada 18 dan Jember merupakan Sistem Resi Gudang dengan tempat yang terbaik se jawa timur, dikarenakan di sini sudah dilengkpai mesin pengering gabah dan alarm kebakaran,” ujar Subagio.

Gudang SRG yang yang dimiliki Pemkab Jember ini didanai dari ABPN tahun 2012 dan mampu  menampung 2000 ton komiditi dari petani, diharapkan dengan diresmikannya gudang SRG ini, kesejahteraan petani bisa terwujud.

Berdasarkan informasi yang dihimpun media ini bahwa sehari sebelum diresmikannya SRG, sejak pukul 17.15 wib sampai pukul 00.15 sedikitnya sudah ada 4 resi yang dikeluarkan, terdiri dari komoditi gabah dan jagung sehingga hal ini menunjukkan jika animo petani dengan adanya resi gudang ini sangat tinggi.  (edw)

Berita Terkait Pertanian

No comments: