"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Kamis, 20 November 2014

Pendukung Calon Kades Ngluruk Panitia Pilkades

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Puluhan warga Desa Pringgowirawan, Sumberbaru nglurug Panitia Pemilihan Kepala Desa. Pasalnya panitia dianggap tidak transparan dan tidak adil dalam melakukan seleksi administrasi persyaratan balon.
 
Mereka menduga verifikasi berjalan tak normal alias janggal. “Siapa yang tak kecewa calonnya diperlakukan tidak adil oleh panitia. Ini sudah keterlaluan ketidakadilan yang dilakukan oleh panitia. Kami minta BPD dan Bupati memberhentikan panitia,” teriak Koordinator aksi, Jaka Sembiring Kamis (20/11)

Jaka menambahkan, kalau memang ada yang kurang seharusnya panitia menyampaikan kepada calon tersebut atau tim pemenangan. Menurutnya, selama ini tidak pernah ada informasi adanya kekurangan persyaratan yang disampaikan oleh panitia, “tahu-tahu ada pengumuman bahwa calon yang kami usung tidak lolos,” ujarnya.

Untuk itu Jaka minta klarifikasi keputusan soal verifikasi "Sebenarnya berkas persyaratan sudah selesai semua. kenapa masih dibahas lagi. Padahal, sebelumnya panitia mengupayakan lolosnya Anang sebagai calon kepala desa. Namun ternyata tidak sesuai dengan apa yang telah disampaikan," tegas Jaka.

Lebih lanjut, mereka menengarai tim Pemkab Jember yang ditugasi melakukan verifikasi bersikap tidak netral. Sebab, hasil verifikasi tersebut bocor. Indikasi ini dikuatkan dengan balon kades lain yang telah mengetahui bahwa mereka lolos. ”Mungkin ada kong kalikong antara panitia dan kandidat lain selain Anang Suhartono,” sindirnya.

Untuk itu Mereka mendesak panitia meloloskan Anang Suhartono sebagai Calon Kades (Cakades),  dan ikut kontestasi Pilkades pada 27 November mendatang. jika panitia tidak bisa memenuhi tuntutan, maka warga mengancam akan menggelar aksi yang lebih besar.

Dalam aksi kemarin, digelar musyawarah ulang antara Anang dan panitia serta Muspika. Namun, panitia Pilkades tidak mampu menjawab pertanyaan dari kubu Anang Suhartono yang diwakili Jaka Sembiring saat klarifikasi hasil verifikasi yang dijanjikan panitia. “Kalau panitia tak bisa jawab dan hanya mengambang soal domisili dan ijazah, percuma kita klarifikasi ke panitia. Karena panitianya tak becus bekerja,” tandasnya.

Sementara itu, ketua panitia Pilkades Desa Pringgowirawan, Kecamatan Sumberbaru, Samsul Hadi, mengatakan bahwa panitia sudah maksimal dalam melayani warga yang menuntut klarifikasi hasil verifikasi yang sudah dijanjikan akan disampaikan Rabu kemaren (19/11).

Akan tetapi, warga tidak puas dengan penyampaian yang disampaikan oleh panitia. “panitia tetap pada prosedur yang ada , Karena keputusan tim verifikasi yang dalam hal ini adalah Pemkab, kami sebagai panitia akan berjalan sesuai dengan mekanisme yang berlaku,” pungkasnya. (Yud/Ruz).

Berita Terkait Politik dan Hukum

Tidak ada komentar: