"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Jumat, 21 November 2014

Tim Resmob Polres Jember Tangkap Pelaku Ilegal Logging

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Jajaran Tim Resmob Polres Jember Jum’at (21/11) kemarin berhasil mengungkap pelaku ilegal logging yang beroperasi di kawasan Resort Pemangku Hutan (RPH) Tanggul, Kabupaten Jember.


Dalam operasi tangkap tangan tersebut polisi berhasil mengamankan Nasar (50) warga Dusun Naga Sareh, Desa Manggisan, Kecamatan Tanggul.  Pelaku ditangkap ketika mengangkut hasil kejahatannya di gudang pemotongan kayu di Desa Gambirono, Kecamatan Bangsalsari, yang diduga milik Suyono, seorang oknum Polisi Mobile (Polmob) Perhutani.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, kasus illegal logging ini terungkap berkat informasi masyarakat yang mengatakan, bahwa di kawasan  Hutan pangkuan RPH Tanggul, kerap terjadi penebangan liar dan pencurian kayu. Setelah menerima laporan, lantas petugas dari Resmob Jember barat melakukan penyelidikan.

Aparat lantas membuntuti pelaku saat mengangkut hasil curian tersebut mulai dari hutan RPH Tanggul hingga digudang penampungan kayu yang ada di Desa Gambirono. Kemudian polisi menagkap pelaku saat menurunkan muatannya digudang tersebut.

Setelah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP), petugas lantas menemukan adanya keterlibatan Suyono, oknum Polmob perhutani yang diduga kuat sebagai penyandang dana sekaligus otak dari aksi pencurian kayu tersebut.

Menurut M. Sukaryadi, Kepala Urusan Tata Usaha Tehnik Kehutanan Perhutani, aksi pencurian kayu ini tergolong sindikat besar. Dari  pemeriksaan di TKP, tak hanya di gudang Desa Gambirono saja, petugas juga menemukan tempat pemotongan dan penyimpanan kayu yang juga milik Suyono, di Dusun Krajan Kulon, Desa Paleran Umbulsari. Dari dua gudang tersebut aparat berhasil mengamankan sedikitnya 20 kubik kayu jenis mahuni.

Setelah dilakukan pemeriksaan, tersangka bersama barang bukti langsung dibawa ke mapolres jember untuk penyidikan lebih lanjut. (Yud/Ruz).

Berita Terkait Kriminal

Tidak ada komentar: