"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Wednesday, December 31, 2014

Aplikasi Android Unej Tempati Rangking Pertama di Google

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Sebuah aplikasi berbasis android karya Universitas Jember (Unej) Jawa Timur per 30 Desember 2014 menempati rangking pertama se Indonesia di Google Play Store untuk kategori aplikasi akademik.

“Pihak google telah mengkonfirmasi bahwa applikasi SFP Unej ini menjadi ranking pertama untuk kategori aplikasi akademik di Indonesia  per 30 Desember 2014,” ungkap Doktor Alfian Futhulhadi salah satu Dosen yang ikut terlibat dalam pembuatan aplikasi tersebut. Rabo (31/12)

Sampai saat ini sudah tercatat lebih dari 2600 pendownload di "Google Play Store" untuk apklikasi “Sister for Parent” atau SFP Unej dan lebih dari seribu pendownload untuk aplikasi "Sister For Students" atau SFS Unej.

Applikasi berbasis android tersebut menurut Alfian, dapat didownload dan dipasang secara gratis dari googleplay store.Tak hanya itu, bagi para mahasiswa tersedia  (SFS) yg dapat melakukan KRS dari Smartphone android, checking nilai dan lain lain.

Sedangkan, bagi para dosen tersedia Sister for Lecturer (SFL) untuk persetujuan KRS dan perwalian, jadwal mengajar, dan sebagainya. Sementara untuk persetujuan bimbingan tugas akhir akan segera difasilitasi dalam waktu dekat.

Aplikasi  itu guna meningkatkan akuntabilitas publik lembaga Unej dalam mengembangkan sistem Information and Technology (IT) sehingga bisa diakses orang tua. Dengan aplikasi ini orang tua bisa memantau status putra-putrinya dalam pembayaran SPP, aktifitasnya, mata kuliahnya, dan lain lain.

“Aplikasi ini berguna bagai orang tua untuk memantau putra-putrinya dikampus. Mereka bisa melihat status pembayaran SPP, status aktifasi, matakuliah yg diprogramkan, nilai mata kuliah. Bahkan fasilitas aplikasi ini dapat digunakan untuk merekap kehadiran putra /putrinya selama di UNEJ,” tutur Alfian

Kecanggihan hasil kreasi alumni unej, dan kerja keras program studi sistem informasi dan program studi matematika asuhan Dr. SUDARKO Direktur UPTTI yang memang sudah lama menekuni linux dan opensource. “Para orang tua diharapkan benar-benar memanfaatkan aplikasi ini,” pungkasnya. (eros/ipul)

Berita Terkait Pendidikan

No comments: