"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Kamis, 18 Desember 2014

Buruh PDP Kahyangan, Kembali Gelar Aksi Turun Jalan

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Ribuan buruh PDP Kahyangan Jember Jawa Timur, Kamis (18/12) kembali melakukan aksi turun jalan. Mereka kecewa terhadap Direktur PDP Kahyangan dan Disnakertran Jember yang dianggap telah ingkar janji.


Aksi buruh Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP) Kahyangan yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pekerja Antar Kebun (FK-PAK) ini sebagai bentuk protes kekecewaan kepada perusahaan serta Disnakertrans, dan penyelamatan asset asset daerah sebagai penyumbang PAD.

“Bukannya melaksanakan kesepakatan bersama yang dibuat pada tanggal 6 Agustus 2014, di kantor direksi di Jl. Gajahmada No. 245 Jember, perusahaan justru melakukan tindakan balasan terhadap buruh”. Demikian uangkap koordinator aksi Dwiagus Budianto berapi-api,

“Seperti memberikan hak normatif, malah hak buruh dikurangi, dereksi melakukan mutasi dan PHK secara sepihak. bahkan upah buruh yang melakukan aksi protes pada saat itu justru tidak dibayarkan, hal ini jelas sangat merugikan kami” keluhnya

Seharusnya Kepala Dinas tenaga kerja dan transmigrasi (Disnakertrans) kabupaten jember menurut Budi seharusnya membela buruh, namun malah terkesan mengabaikan serta bersikap tidak jelas dan tegas terhadap pelanggaran yang terjadi di perusahaan milik rakyat Jember ini.

“Ratusan buruh kebun dan keluarganya pasca penyerahan tanah Ketajek kepada rakyat juga masih terlantar, manajemen juga tidak tranparansinya terkait isu kebangkrutan, pengembalian prodiksi karet olahan sebesar 159 ton (senilai 4 milyard ), serta akan mendatangkan Audit BPK, Jaminan Keselamatan dan Kesehatan Kerja sampai saat ini belum ada kabarnya”. Jelasnya.

Untuk itu buruh mengancam jika tetap tidak ada tanggapan, maka akan melakukan upaya pendudukan dengan membuat serta mendrikan tenda “ keprihatinan Buruh “ di unit kerja lingkup PDP kahyangan dan atau di depan DPRD Jember hingga terpenuhinya tuntutannya.

Pantauan dilapangan, aksi yang dimulai dari kantor PDP Kahyangan, tak satupun jajaran direksei yang menemuinya, hanya pintu gerbang kantor yang terkunci dengan penjagaan ketat pihak kepolisian yang didapatkan.  Karena kecewa aksi dilanjutkan ke kantor Disnaker Jember. Buruh semakin kecewa, karena Kepala Disnakertrans Achmad Hariyadi juga tidak menemuinya.

Saat bergeser di ke kantor Pemkab Jember. Situasinya semakin memanas. Bahkan diwarnai aksi saling dorong antara buruh dan Satpol PP yang berjaga di depan gerbang masuk Pemkab Jember. Kemarahan semakin memuncak dan sempat aksi dorong antara buruh dan Satpol PP ketika Dirut PDP Kahyangan HM Sujatmiko menemuinya. Kemudaian aksi dilanjutkan di Bundaran Gedung DPRD Jember. (Yond/eros)


Kesepakatan Bersama
Antara Dereksi PDP Kahyangan Jember Dengan SP Serbuk,  FKPAK

Pada hari Rabo tanggal 6 bulan Agustus tahun 2014 bertempat di kantor direksi PDP Kahyangan Jember Jl. Gajahmada No. 245 Jember telah tercapai kesepakatan sebagai berikut:
1.       PDP Kahyangan Jember siap dilakukan audit oleh lenbaga resmi (BPK) pada bulan Agustus 2014
2.       Bahwa pelaksanaan hak normatif pekerja akan di laksanakan sesuai dengan peraturan perundang- undangan yang berlaku.
3.       Bonus akan di berikan menunggu hasil audit bilamana kondisi keuangan perusahaan baik.
4.       Bagi pekerja yang menrima BHR akan di berikan THR ! kali gaji bagi yang bekerja 1 ( satu ) tahun penuh bagi yang bekerja tiga bulan terus menerus keatas di berikan secara proposional

Demikian kesepakatan bersama ini di buat dengan sebenar benarnya tanpa ada paksaan dari siapapun dan dari manapun.

Berita Terkait Perburuhan

Tidak ada komentar: