"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Rabu, 03 Desember 2014

Memasuki Musim Hujan, Warga Jember Mulai Terserang DBD

Jember, MAJALAH-GMPUR.Com. Memasuki musim penghujan, Demam Berdarah Dengue (DBD)mulai menyerang warga Dusun Krajan Desa Mundurejo, Umbulsari. Tiga orang dinyatakan positif menderita penyakit yang ditularkan nyamuk ini.

Ubed, warga setempat mengatakan, sejak beberapa hari terakhir tetangganya banyak yang terserang DBD, tiga diantanya telah dirawat di Puskesmas Kencong untuk mendapat pengobatan medis. “Warga sini mulai terserang DBD, dan belum ada tindakan dari Pemerintah Desa maupun pihak terkait,” ujarnya, Rabu (3/12) kemarin.

Ia berharap, Pemerintah Desa maupun pihak terkait segera melakukan upaya pencegahan dan pemberantasan sarang nyamuk dengan melibatkan warga setempat, “jika perlu diadakan fogging (pengasapan), agar jentik maupun nyamuk pembawa penyakit itu segera musnah,” harapnya.

Menurut Widi, petugas medis Puskesmas Kencong mengatakan, sejak minggu terakhir bulan November banyak pasien DBD yang berdatangan. Beruntung, kata Widi, mayoritas kondisi para pasien tersebut tidak parah, “Hari ini saja ada 3 pasien yang positif DBD,” terangnya.

Menurutyna, ketiga pasien itu berasal dari Desa Mundurejo, Kecamatan Umbulsari yang berbatasan dengan wilayah Kencong. Mereka adalah Lutfiah, Rodiah dan Khomsatun. Saat ini, kondisi ketiga pasien belum stabil, butuh pemulihan dengan cara rawat inap. “Ketiganya masih harus opname, karena trombosit korban sangat rendah,” imbuhnya.

Sekadar diketahui, penyebar penyakit DBD itu ditularkan vektor nyamuk Aedes Aegepty. Nyamuk ini hidup di lingkungan yang banyak terdapat genangan air. Buruknya saluran pembuangan atau drainase bisa menjadi penyebab munculnya nyamuk pembawa DBD ini. “Jangan sampai ada genangan air, bak kamar mandi  harus sering dikuras. Karena menjadi sarang bagi jentik nyamuk Aedes Aegepty berkembang biak,” saran Widi.

Ia juga memperingatkan kepada keluarga yang terserang DBD, untuk segera memberi minum air mineral sebanyak mungkin. Kemudian kompres agar panasnya turun, serta obat penurun panas, “jika dalam waktu 3 hari demam tak turun pasien harus segera dibawa ke Rumah Sakit atau Puskesmas terdekat,”  jelasnya. (Ruz/Yud/mif).

Berita Terkait Kesehatan

Tidak ada komentar: