"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Saturday, 20 December 2014

Tanamkan Cinta Tanah Air, Kodim 0824 Gelar Lomba

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Tanamkan Cinta Tanah Air Sejak Dini, Kodim 0824 Jember Sabtu (20/12) Gelar lomba Paduan Suara tingkat SD se Kabupaten Jember. Kegiatan ini dimaksudkan untuk membentuk karakter generasi bangsa


Ratusan siswa-siswi SD, memenuhi Markas Komando Distrik Militer Jember (Makodam) Jember. “Lomba paduan suara tingkat SD ini dimaksudkan untuk membentuk karakter generasi bangsa, agar bisa menghormati orang tua, guru dan menyayangi sesama”, ujar Dandim 0824. Letkol Arh. Wirawan Yanuartono

Sebab dalam paduan suara, Letkol Arh. Wirawan Yanuartono, mereka dituntut untuk menonjolkan suara tim bukan individu, baik dari segi irama maupun intonasi, sehingga dengan mengedepankan tim, rasa egois pada diri anak-anak akan terkikis,”

Lebih lanjut, Wirawan mengharapkan kegiatan semacam bisa terus berlanjut dan berkesinambungan, sebab saat ini kenakalan dikalangan remaja sudah sangat memprihatinkan, sehingga dengan kegiatan semacam ini generasi bangsa bisa lebih  bertoleransi.

“Yang jelas tanggung jawab generasi bangsa tidak hanya ada pada pundak orang tua dan guru saja, akan tetapi semua elemen bangsa, sehingga sejak dini, pada jiwa mereka akan tertanam jiwa patriotisme dan cinta bangsa, dan kegiatan semacam ini tidak harus di sekolah atau lingkungan Pendidikan, di manapun tempatnya bisa,” ujar Nunung Andreanto Kasi TK Dinas Pendidikan Kabupaten Jember yang ikut hadir pada acara itu.

Dalam lomba paduan suara ini, setiap peserta diwajibkan membawakan lagu wajib seperti Indonesia Pusaka dan Mars Mari Belajar, “Yang jelas kegiatan ini awal dari keterlibatan TNI dalam mencerdaskan generasi bangsa, dan tidak hanya lomba paduan suara saja, akan tetapi lomba-lomba lainnya yang penting dalam kegiatan itu bisa mewujudkan rasa toleransi dan rasa menghormati kepada orang tua dan guru,” tambah Wirawan.

Sementara dari lomba paduan suara yang digelar di Makodim 0824 Jember, SDK Maria Fatimah Kaliwates berhasil menjadi juara 1, untuk Juara II diraih oleh SDN Slawu Patrang, Juara III SDN Wonorejo Kencong, , sedangkan untuk Juara Harapan I diraih oleh SDN Tanggul Wetan Tanggul , Juara Harapan II siraih SDN Lengkong Mumbulsari dan Juara Harapan III SDN Puger Kulon 01 Puger.

Dari para juara ini pihak Kodim tidak hanya member hadiah berupa piala begirlir, akan tetapi piala tetap dan uang pembinaan, untuk juara I mendapat Uang Pembinaan 1,5 juta, juara dua mendapat uang pembinaan 1 juta dan juara tiga mendapat uang pembinaan sebesar 700 ribu rupiah, sedangkan untuk juara harapan, masing-masing mendapat uang pembinaan sebesar 500 ribu rupiah. (edw)

Berita Terkait Pendidikan

No comments: