"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Saturday, 27 December 2014

Tujuh Cabup Daftarkan Ke PDI Perjuangan Jember

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Sebanyak tujuh Bacabub Jember resmi daftarkan ke DPC PDI Perjuangan. Penjaringan yang dibuka selama 3 hari, sejak 25-27 Desember 2014. Mereka berasal dari Akademisi, Birokrasi dan Pengusaha.


Tampak pendaftar yang ingin mendapatkan tiket berlaga dalam Pilkada 2015 dari partai berlogo banteng moncong putih ini adalah, dari kalangan Akademisi, Dr. HM. Arifin M.Pd; Rektor IKIP PGRI Jember, Abd. Holiq Ashari Dosen Fisip Unej, dan H. NM. Sulisno atau H. Sulis pengusaha show room mobil.

Sementara itu dari Jalur Birokrasi adalah Ir. Harianto; Mantan Disperindag ESDM, Dwi Setyo Nusantara mantan camat Semboro dan Tanggul yang sekarang menjabat sebagai Sekretaris Kantor BKKBN Jember, Bagong Sutrisnadi mantan Wakil Bupati periode 2000-2005 dan H. Sugiharto, SH Sekda Pemkab Jember menjadi pendaftar terakhir.

“Sebenarnya kita membuka pendaftaran sejak kamis kemarin, untuk hari pertama baru tim suksesnya yang datang sehingga kami tolak, baru pada hari kedua dan ketiga para calon itu sendiri yang hadir,” ujar wakil ketua DPC PDI Perjuangan Jember Lukman Winarno. Sabtu, (27/12)

Menurut Lukman, dirinya menginginkan calon sendiri yang datang dikarenakan mereka harus mengisi biodata dan mendapat tanda bukti pendaftaran, “Kalau sudah mendaftar dan mendapat tanda terima maka yang bersangkutan sudah resmi sebagai bakal calon bupati dari PDI Perjuanan,” jelas Lukman.

Lukman juga menjelaskan bahwa PDIP mengawali pembukaan bakal calon bupati, dikarenakan dibutuhkan persiapan dan tahapan di internal partai untuk menjaring calon, “Hal ini sesuai, SK DPP PDIP  No. 031 tahun 2011, tentang tata cara pendaftran dan penjaringan.

Kita diberi kewenangan untuk melakukan penjaringan, ada 2 pintu yang harus kita lakukan, yang pertama kita harus umumkan pendaftaran secara terbuka, sekarang sudah kita lakukan, sedangkan pintu kedua adalah melalui penjaringan di Internal Partai,” tambah Lukman

Dalam penjaringan internal, PAC  diberi kebebasan mengusung nama calon, “Setiap PAC diberi kebebasan mengusulkan maksimal 2 nama calon, yang diusung PAC bisa nama-nama yang sudah mendaftar ke DPC maupun yang belum, Minggu (28/12) calon yang sudah mendaftar akan kami sampaikan ke PAC,” beber Lukman.

Proses penjaringan dan pendaftaran inipun belum final, sebab nama-nama tersebut akan dibawa ke DPP untuk ditentukan siapa yang akan direkom DPP, “Kami di DPC hanya sebatas menjalankan perintah DPP soal ketentuan tahapan mengahadapi Pilklada 2015, dan yang menentukan adalah DPP,” jelas Lukman.

Sementara kalangan Internal, Kusen Andalas wakil bupati Jember sekaligus ketua DPC, M. Asir mantan ketua Komisi C, “Untuk pak Kusen sudah masuk dalam penjaringan, sehingga meskipun tidak mendaftar sudah sah sebagai bakal calon, sedangkan lainnya masih menunggu tanggal 28 nanti,” ujar Lukman.

Menurut, Sugiharto dirinya tertarik mendaftar karena baru PDI Perjuangan yang berani membuka peluang, “Saya tertarik karena konsep partai ini berbeda dengan partai lain, disini ada kebersamaan itu alasan saya mendaftar, karena kebersamaan juga misi saya, soal nanti direkom apa tidak itu urusan nomor 2,” ujar Sugiharto yang didampingi Djupriyadi, mantan ketua Komisi A DPRD Jember dari PKNU usai mendaftar.

Ketika disinggung sudah melamar ke KIH, dengan diplomatis menjawab bahwa dirinya ingin menjalin kebersamaan dengan partai manapun, “Saya tidak terfokus pada KIH atau KMP yang jelas semua partai kita rangkul, apalagi saya juga banyak teman-teman di PDIP, doakan ya semoga saya lolos,” pungkasnya.  (ali/edw/herry)

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: