"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Thursday, January 15, 2015

200 Kader Ikuti Tes Tulis Calon Ketua PAC PDI Perjuangan

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Sebanyak 200 Bakal Calon Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan se-Kabupaten Jember, Jatim ikuti Tes Tulis di Hotel Aston Jember, Kamis (15/1).

Tes tulis itu dilakukan untuk menjaring calon ketua PAC Partai berlambang Banteng Moncong Putih, yang sebelumnya telah tersaring melalui rapat ditingkat Ranting dan PAC. Menurut Martini, Sekretaris Cabang  PDI Perjuangan Jember, langkah ini sesuai dengan SE DPP PDI Perjuangan Nomor 066 dan 067 Tahun 2014 tentang penjaringan calon ketua PAC.

“Bakal calon Ketua yang ikut tes ini adalah usulan dari ranting, saat rapat kerja cabang diperluas yang digelar beberapa waktu lalu, ada 3 sampai 7 bakal calon di tiap PAC, dan tes tulis adalah salah satu sarat untuk bisa menjadi calon ketua PAC,” tuturnya, saat ditemui sejumlah wartawan.

Lebih lanjut, perempuan yang juga Wakil Ketua DPRD Jember ini mengatakan, dari 31 PAC telah terjaring 200 nama untuk mengikuti tes tulis terlebih dahulu. Kemudian nama-nama yang telah mengikuti tes tersebut diserahkan ke  Dewan Pimpinan Pusat (DPP) melalui Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Jawa Timur.

“Dari sekian nama tersebut akan dipilih tiga besar nama-nama yang lolos untuk menjadi bakal calon ketua PAC, yang kewenganannya itu ada di DPP. Kemudian kembali diserahkan ke forum Musyawarah Anak Cabang melalui mekanisme mufakat,” terangnnya.

Sedangkan materi tes yang diberikan, terkait ideologi partai, AD ART Partai dan pengetahuan umum tentang PDI Perjuangan. Tujuan digelarnya tes tulis ini, kata Martini, untuk mengetahui seberapa besar pengetahuan calon ketua PAC, terhadap ideologi dan manajemen organisasi partai, sekaligus pemantapan SDM calon ketua PAC untuk menselaraskan ideologi mereka dengan garis ideologi PDI Perjuangan.

Dijelaskannya, seluruh peserta tak mengetahui isi materi. Sebab, semuanya disiapkan oleh DPP dan DPD PDI Perjuangan. “kami hanya sebagai penyenggara saja, semuanya sudah disiapkan oleh DPD sebagai kepanjangan tangan DPP,” ujarnya.

Pantauan wartawan, sejumlah peserta tampak serius saat mengikuti tes tulis. Wajah-wajah baru terlihat turut andil dalam tes kali ini, meski beberapa ketua PAC lama juga masih terlihat, “jika diadakan tes begini kan fair, jadi jangan ngaku-ngaku kader PDI Perjuangan tulen jika hasilnya buruk,” pungkasnya. (Edw/Midd/Ruz/Eros/FWLM).

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: