"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Wednesday, February 11, 2015

Wakil Ketua DPC Gerindra Mendaftar Bacabup Jember

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Meski sudah 7 nama yang mendaftar Bakal Calon Bupati (Bacabup) melalui Partai Gerindra sejak dibuka 6 Februari lalu. Namun baru satu kader Partai berlambang Gauruda Merah ini yang mendaftarkan Bacabup..

Diiringi sejumlah aktifis, Rabu (11/2) Wakil Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Jember, Mohammad Sholeh, daftar sebagai kandidat Bacabup melalui partai besutan Prabowo Soebianto tersebut. Sholeh datang ke Kantor DPC Gerindra ditemui oleh Sekretaris Tim Seleksi Bacabup, Fathul Hadi.

Dengan mengusung visi membangun jember bersama rakyat, Sholeh optimis mendapat rekomendasi dari DPP Parta Gerindra. Karena, dia adalah satu-satunya kader partai yang mendaftar sebagai Bacabup Jember, “insyaallah partai gerindra akan mengutamakan kadernya sendiri dan ini adalah nilai plus, saya sangat optimis,” tuturnya.

Meski begitu, Sholeh tak menampik jika ada kemungkinan bahwa nama yang nantinya mendapat rekomendasi bukanlah nama-nama yang diusulkan oleh DPC Gerindra Jember. Dia mencontohkan, dikeluarkannya rekomendasi posisi Ketua DPRD Jember berbeda dengan usulan DPC Partai. Dalam kasus itu, nama yang mendapat rekomendasi sebagai Ketua DPRD bukanlah dua nama yang diusulkan oleh DPC Partai, “misalnya kasus rekomendasi Ketua Dewan kemarin, yang mendapat rekomendasi adalah bukan usulan dari DPC,” terangnya. 

Menurut Anggaran Dasar dan Rumah Tangga (AD/ART) Partai Gerindra, lanjut Sholeh, pada  bab 7 pasal 21 disebutkan, DPC Partai Gerindra, hanya berwenang mengajukan nama-nama bakal calon bupati maupun wali kota ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai atas persetujuan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra.

Sehingga, sambung Sholeh, DPC Partai tak memiliki kewenangan untuk meloloskan maupun menggagalkan bakal calon tersebut, “dalam AD/ART Partai Gerindra, sudah jelas diatur kewenangan DPC dalam penjaringan bakal calon Bupati/Wali Kota, sehingga tidak ada itu Raker Cabang Khusus, semua murni kewenangan DPP Partai, kewenganan DPC hanya mengajukan nama,” jelasnya.

Apa yang dinyatakan Sholeh yang juga Anggota Tim Seleksi ini, seolah menjadi antitesis dari pernyataan Ketua Tim Seleksi atau Tim Sembilan, Siswono, sehari sebelumnya. Menurut Ketua Komisi C DPRD Jember tersebut, ada beberapa tahapan dalam penjaringan bacabup melalui Partai Gerindra.

Setelah dinyatakan lolos administratif oleh Tim Sembilan, kata Siswono, kemudian DPC Gerindra akan melakukan Rapat Kerja Cabang Khusus (Rakercabsus) yang melibatkan seluruh Pengurus Anak Cabang (PAC), yakni pengurus ditingkat kecamatan, untuk memberikan penilaian dan dukungan kepada bacabup yang dinyatakan lolos administratif.

Dari hasil seleksi dan Rakercabsus inilah, sambung Siswono, sejumlah nama yang dinyatakan lolos itu akan disampaikan kepada pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra melalui DPW Partai Gerindra untuk dikeluarkan rekomendasi.

Kemudian saat ditanya kemungkinan rekomendasi kepada orang yang berbeda dengan yang diusulan DPC, Siswono memastikan rekomendasi akan mengacu dari nama-nama yang telah diusulkan, “oh iya, pasti salah satu nama dari nama-nama yang diusulkan DPC itulah yang akan direkomendasi DPP,” Pungkasnya.

Sejak dibuka 6 Februari lalu , ada 7 nama yang sudah mendaftar yaitu, Mantan Kepala Disperindag Jember Hariyanto, Suhardianto (Birokrat di Pemprop Jatim),  Thomas (Pensiunan PNS), H Sulis (Pengusaha), Wahyudi Abdullah (Mantan Camat), Moh Arifin (Rektor IKIP Jember) dan terakhir Moh Sholeh (Mahruz/Eros).

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: