"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Monday, March 16, 2015

Diwaduli Jalan Rusak, Kades Tamansari Salahkan Warga

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Sejumlah warga Dusun Gondosari, Desa Tamansari, kecamatan Wuluhan, keluhkan kondisi jalan di daerahnya yang rusak. Pasalnya sejak dua pekan terakhir ada puluhan pengendara yang terjatuh.

Pantauan dilapangan, Sepanjang 20 meter jalan yang menghubungkan kecamatan Wuluhan-Puger parah. aspal mengelupas membentuk kubangan diameter satu meter lebih, parahnya material pasir dan tanah membentuk gunungan kecil, membuat badan jalan bergelombang. Kondisi inilah biang kerapnya terjadi kecelakaan.

Marsito, warga setempat menuturkan, kondisi jalan yang rusak seperti ini sudah terjadi sejak sebulan terakhir. Padahal, kata dia, perbaikan jalan itu baru selesai dilakukan pada ahir tahun 2014 kemarin, “jalan ini diperbaiki sekitar nopember (tahun 2014) kemarin, tapi baru tiga bulan berjalan kondisinya sudah kembali rusak,” katanya saat ditemui wartawan, Senin siang (16/03/2015).

Senada dengan itu, Slamet, salah seorang warga yang lain juga mengeluhkan kondisi jalan yang dinilainya sangat berbahaya bagi pengendara. Menurutnya, pernah dalam waktu semalam ada tiga pengendara motor yang terjatuh dari kendaraannya akibat terpental saat melewati jalan rusak tersebut.

Dia menjelaskan, sebenarnya warga telah melaporkan kondisi jalan ini kepada Kepala Desa setempat, “kami telah melapor ke Pak Kades, namun hingga kini belum ada tanggapan,” terangnya, yang diiyakan oleh ketua Rukun Warga (RW) setempat, Fathul Rozak. Lebih lanjut warga meminta, pemerintah terkait segera memperbaiki jalan tersebut agar pengendara yang lewat dijalur ini tidak ada yang kembali menjadi korban.

Menanggapi keluhan warga, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Tamansari, Sukarno mengatakan, pihaknya telah menyampaikan kepada Kepala Desa. Menurutnya saat pihaknya menyampaikan keluhan warga kepada Kades, ada kesan Kades lepas tanggung jawab. Karena jalan ini merupakan jalur kecamatan yang telah menjadi kewenangan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Jember.

Sementara itu, Kades Tamansari, Darsono, mengelak saat warga menudingnya tidak tanggap. Dia berdalih jika kondisi jalan yang rusak itu telah ia sampaikan ke pihak UPT PU Bina Marga Jember di Ambulu.  Pihak UPT PU Bina Marga, kata Darsono, akan memperbaiki jalur tersebut bersamaan dengan perbaikan jalur yang lain yang masih berada diwilayah desanya.

Ironisnya, rusaknya jalan yang meyebabkan serentetan kecelakaan, Kades balik menuding warga yang terlalu apatis dan tak mau memperbaiki jalan secara swadaya, “seharusnya warga mau memperbaiki jalan yang rusak itu, ya begitulah warga sana, bisanya hanya ngomong tapi tak mau memperbaiki,” ketusnya. (Mahruz).

Berita Terkait Lingkungan

No comments: