"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Rabu, 18 Maret 2015

Pemkab Jember Manfaatkan SIMDA Untuk Kelola APBD

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Untuk mengelola APBD agar efisien, efektif, transparan dan akuntabel, Badan Pengelola Keauangan dan Aset Pemkab Jember mengimplementasikan penggunaan teknologi SIMDA Keuangan Clouds System.

Penggunaan sistem berbasis online yang dilaunching oleh Bupati Jember MZA Djalal pada hari Rabu (18/3) di Aula PB Sudirman ini merupakan system yang pertama dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember untuk wilayah kabupaten dan kota di Jawa Timur.

Kepala BPKA Pemkab Jember Dra Ita Puri Andayani menuturkan bahwa sistem ini sebelumnya sudah digunakan sejak 2012, namun saat itu masih belum berbasis online. “Seiring dengan kemajuan teknologi, maka diperlukan upaya pengembangan dari sistem ini”, jelas Ita. Perubahan menjadi sistem online membuat sistem pelaporan dan manajemen keuangan di Pemkab Jember bisa menjadi lebih cepat.

Kelebihan dari sistem ini adalah (1) dapat diakses dari mana saja selama terhubung dengan internet, (2) data terenkripsi sehingga aman dari sadapan (3) real time, ketika pimpinan ingin melihat laporan, dapat langsung diakses dan memberikan informasi yang akurat.

Dengan dilaunchingnya sistem online tersebut, BPKA juga memberikan Bimbingan Teknis kepada 120 operator SIMDA Keuangan dari seluruh SKPD dan Kecamatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jember. “Bimtek ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja SDM khususnya yang bertanggung jawab pada perencanaan, penata usahaan maupun pelaporan APBD” ujar Ita

Bupati Jember MZA Djalal mengatakan bahwa aparatur Pemerintah Kabupaten Jember harus mampu menyesuaikan dengan perkembangan teknologi. Teknologi adalah sesuatu yang dinamis dan berkembang setiap saat. Maka aparatur perlu untuk selalu mengembangkan ilmunya. Teknologi modern membuat pekerjaan menjadi lebih efektif, efisien dan lebih produktif. “Tertib administrasi, tertib pengendalian, tertib pelaksanaan dan tertib pengawasan” pesan Djalal.

Djalal juga menambahkan bawah layanan SIMDA ini juga akan di onlinekan dengan BPKP dan BPK, namuan untuk sementara layanan SIMDA yang dilaunching hanya untuk lingkungan Pemkab saja, sedangkan tahun berikutnya akan diberlakukan layanan SIMDA yang bisa diakses oleh Masyarakat. (ali/edw)

Berita Terkait Politik dan Hukum

Tidak ada komentar: