"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Friday, April 3, 2015

Aktivitas Gunung Raung Meningkat, Warga Mulai Panik

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Gunung Raung yang memiliki ketinggian 3.332 M dari permukan laut kembali Kamis malam (02/04) menunjukkan aktivitasnya. Gempa  tremor sangat dirasakan membuat warga sekitar Panik. 

Gemuruh gempa dirasakan oleh warga Desa Gunungmalang  Sumberjambe, sejumlah warga mengaku takut bahkan tidak bisa tidur sampai jam 01.00 Wib dini hari. “ Kami sempat panik mas tadi malam ada suara gemuruh, kami sekeluarga sudah mempersiapkan apabila ada hal yang tidak diinginkan.” Ungkap  Suprapti  yang kesehariannya berprofesi sebagai guru.

Pantauan dilapangan tampak siap siaga jam 01.00 Wib dini hari mobil BPBD ( Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Jember di pertigaan Desa Gunungmalang , dilengkapi dengan speaker aktif dengan maksud apabila status Gunung Raung meningkat  akan langsung memberikan informasi untuk dievakuasi ketempat yang lebih aman.

Kirno petugas BPBD  mengungkapkan “ Kami selalu siap siaga, ini salah satu tugas kami memberitahukan kepada masyarakat  terkait aktivitas gunung sampai ada informasi status gunung yang jelas, dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Geologi (PVMBG) Kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak panik dan terpancing oleh isu-isu yang tidak bisa dipertangungjawabkan kebenarannya.” Pungkasnya.

Hal yang sama juga terjadi di Desa Sumberbulus  Kecamatan Ledokombo  masyarakat dengan sukarela melakukan penjagaan secara bergantian disejumlah titik pangkal poskamling sambil sesekali mendengarkan gemuruh yang menggelegar  yang sangat dirasakan  sampai kedesa tersebut.

Sampai berita ini ditulis menurut  informasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Geologi (PVMBG) kondisi Gunung Raung masih berstatus Siaga, Para pendaki masih dilarang mendekati gunung tersebut karena keadaannya masih  membahayakan. (Maz imam)

Berita Terkait Lingkungan

No comments: