"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Senin, 25 Mei 2015

Tak Ada Dana Operasional, UPTD Pendidikan Nekat Lakukan Pungli

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Dugaan pungutan liar (Pungli), pada pameran Hardiknas Sabtu – Minggu (23 - 24/5) di lapangan Puger, mulai tercium. Pungutan diduga dilakukan karena kepala UPTD Pendidikan tidak memiliki biaya operasional.

Akibatnya sejumlah pengeluaran harus diusahakan kepala Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan, baik agenda kedinasan, maupun acara gebyar event pameran Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Sehingga sejumlah Kepala UPTD nekad meng’halal’kan cara dengan melakukan pungli ke sejumlah sekolah.

Salah seorang kepala UPTD yang enggan disebut namanya, tak mengelak, jika pada akhirnya terpaksa harus memungut iuran kepada sejumlah sekolah di wilayah kerjanya, untuk merealisasikan program kerja kedinasan maupun pada acara even penting.

“Kami terpaksa melakukan mobilisasi kepada sekolah-sekolah, tetapi prinsipnya hasil musyawarah mufakat
karena sudah lama kami tidak memiliki anggaran operasional.Saya berharap agar di tahun-tahun mendatang memdapat anggaran sendiri,” tuturnya.

Anggota Komisi D DPRD Jember¸ Isa Mahdi, menilai aksi pungli dilakukan karena tidak adanya anggaran operasional. “Biaya operasional seharusnya terkaver, karena tidak adanya dana operasional ini akan memunculkan pungutan liar (pungli),” tegasnya Senin (25/5)

Namun Politisi Partai Hanura itu memaklumi. “Kasihan sebenarnya kepala UPTD-nya. Dengan  dana tunjangan hanya sekitar Rp 500 ribuan.  Bagaimana UPTD akan mengawasi dan menegakkan guru-guru yang indisipliner, jika UPTD masih meminta-minta kepada guru. Padahal mereka ujung tombak pendidikan” sesalnya.

Dia berharap, agar pemerintah memberi anggaran operasional Dinas Pendidikan (Dispendik) untuk sejumlah UPTD di 31 kecamatan. “Setidaknya dengan adanya dana tersebut, angka pungutan para kepala UPTD di sekolah akan menurun. Selain itu juga agar kinerjanya akan membaik,” jelasnya.  (ruz).

Berita Terkait Pendidikan

Tidak ada komentar: