"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Wednesday, 17 June 2015

Manfaatkan Liburan Ramadhan, Anak-anak Jual Minuman

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan oleh anak-anak sekolah ketika liburan panjang di Bulan suci Ramadhan. Seperti yang dilakukan oleh beberapa anak-anak di Kelurahan Gebang dengan berjualan air

Mereka menjajakan minuman kepada para pengunjung makam yang akan melakukan ziarah kubur di Taman Pemakaman Umum Cukil Kelurahan Gebang Patrang. liburan kali ini panjang karena gabungan liburan setelah ujian kenaikan kelas ditambah awal puasa dan liburan menjelang lebaran yang digabung menjadi satu sebulan penuh.

Salah seorang anak yang berhasil di temui, Arif (12) warga jalan Kenanga mengatakan dirinya bersama rekan-rekannya yang lain mengisi liburan sekolah selain untuk menambah uang saku juga untuk membantu orang tua di rumah tuturnya polos saat ditanya media ini. Rabu (17/6)

“ Saya dan teman-teman jualan air disini om, ya untuk ngisi liburan sekolah dan puasa. Kita jualan mulai jam 8 pagi hingga jam 5 sore, dalam sehari bisa habis sampai 50 botol air minum isi ulang. Perbotol saya tidak mematok harga om, ya seikhlasnya pengunjung ada yang ngasih 500, 1000, 2000 hingga 5000, “ jelas Arif.

Masih kata Arif dari hasil jualan air dalam botol kemasan untuk pengunjung atau peziarah TPU Cukil dalam sehari bisa mencapai 50 ribu hingga 70 ribu. Hasil itu dibagi antara Arif dan ketiga rekannya yang lain, karena mereka bekerja secara kelompok.

Salah seorang penjiarah Ahmad warga Kelurahan Mangli Kaliwates membeli air. “ Saya kemari sedang ziarah ke makam kedua orang tua saya mas, selain berdoa dan juga membersihkan area makam ya menabur bunga dan juga membneri air biar tampak bersih dan rapi. Kebetulan tadi airnya beli dari anak-anak, “ ujar Ahmad.

Ahmad juga berpendapat apa yang dilakukan oleh anak-anak dalam adalah hal yang positif. Meski masih dibawah umur, mereka membantu orang tua tanpa paksaan dan ini harus menjadi contoh terutama semangat berusaha tanpa membebani orang tua dan kegiatan ini sangat positif. Dibanding main mercon, main playstasion. (midd)

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: