"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Sunday, 28 June 2015

Status Gunung Raung, Meningkat Menjadi Siaga

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com.  Status gunung raung  Minggu (28/6) malam meningkat menjadi siaga. Pasalnya salah satu gunung tertinggi di ujung timur Pulau Jawa ini mengeluarkan asap tebal dan dentuman suara hingga radius  25 kilometer.

Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember , Jawa Timur. Heru  menjelaskan bahwa gunung yang berbatasan antara kabupaten Bondowoso, Banyuwangi dan Jember  , “ Status gunung raung meningkat dari “waspada” menjadi “Siaga” mulai jam 09.00 Wib” Ungkap heru.

“ Kebetulan angin mengarah kearah bondowoso jadi kita selalu berkoordinasi dan melakukan sosialisasi dengan masyarakat yang terdampak agar selalu waspada apabila ada hal yang tidak diinginkan terjadi” Tambah heru.

Ditempat terpisah Kepala Desa Jambearum  Sutikno( 45 th) Menyampaikan kalau dirinya selalu siap siaga bersama warga sekitar “ Kami selalu siap menginformasikan kepada rakyat kami apabila status gunung meningkat dan akan membahayakan masyarakat kami. Kami sudah umumkan melalui pengeras suara agar waspada dan segera mengungsi ketempat yang lebih aman apabila ada informasi.” Ungkap Sutiknon yang desanya diperkirakan terkena dampak tersebut.

Gunung Raung setinggi 3.332 meter itu mulai meningkat aktivitasnya pada tanggal 24 Juni 2015. Dalam situs resmi Pusat Vulkanologi dan mitigasi Bencana Geologi, Kementerian ESDM, diungkapkan status Gunung Raung  waspada. 

Sejak pukul 09.00 Wib  Tanggal 29 Juni 2015 status meningkat dari “Waspada”  menjadi “Siaga ” Hasil pantauan Memo di lapangan Masyarakat  Kecamatan  Sumberjambe dan Ledokombo yang diperkirakan terkena dampak masih menjalankan aktivitas seperti biasa. Masyarakat diminta untuk tetab tenang tidak terprovokasi oleh informasi  dan isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. ( Mam)

Berita Terkait Lingkungan

No comments: