"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Selasa, 21 Juli 2015

SMPK Maria Fatima Gelar MOS Gandeng Kodim Jember

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Ratusan siswa-siswi baru SMPK Maria Fatima dilatih PBB Kodim Jember. Ibarat prajurit baru diterima, mereka dilatih baris-berbais, cara hormat, sikap sempurna dan sebagainya.

Kegiatan yang digelar selama 4 hari mulai 21 – 24 Juli ini merupakan bentuk kerjasama antara SMPK Maria Fatima dan 0824 Jember, agar siswa baru yang memiliki kedisiplinan dalam menunjang kegiatan belajar mengajarnya. Selain pemberian materi PBB juga diberikan materi Wawasan Kebangsaan.

“Sejak  beberapa tahun yag lalu untuk mengisi program masa orientasi sekolah senantiasa bekerjasama dengan Kodim 0824 Jember, Dimikian disampaikan Koordinator Kesiswaan SMPK Maria Fatimah Dwi Atmoko  saat mendampingi sisiwa-siswi barunya yang saat ini berhasil merekrut 160 anak didik baru.

Kerjasama ini dilakukan karena ketika memasuki tahun pembelajaran baru, tentunya terdapat suatu program yang merupakan kebijaksanaan sekolah masing-masing bersama OSIS yang disebut Masa Orientasi Siswa (MOS)  dalam rangka pembekalan kepada siswa baru terhadap pengenalan program belajar dan kegiatan sekolah.

“ Kegiatan seperti ini memang sangat perlu sekali dalam membentuk kedisiplinan, utamanya saat upacara dimana masih terdapat peserta utamanya siswa-siswi sekolah yang sikapnya tidak sempurna, padahal upacara itu merupakan suatu penghormatan dan wujud cinta tanah air, “ ujar Dwi Selasa (21/7)

Masih kata Dwi, dampak dalam pembelajaran selama bekerjasama dengan Kodim 0824 Jember saat MOS tahun-tahun yang lalu secara umum terdapat hasil positif dari siswa-siswi dalam melaksanakan pembelajaran diantaranya mereka lebih tahu pentingnya belajar, lebih tertib dan kedisiplinanya sangat menonjol sehingga menunjang prestasi akademik.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Arh Wirawan Yanuartono, S.Sos saat dikonfirmasi terkait kerjasama yang di jalin dengan lembaga pendidikan seperti SMPK Maria Fatima mengatakan ucapan terima kasih atas kerjasama yang sudah terjalin selama ini.

“Partisipasi TNI seperti ini memang masuk dalam program Binter dalam membentuk sumberdaya manusia utamanya membentuk generasi muda yang berkarakter, mencintai tanah air dan berwawasan kebangsaan, “ tegas Dandim.
Lebih lanjut Dandim menyampaikan bahwa kegiatan-kegiatan seperti ini sudah diintruksikan kepada semua jajaran diseluruh Kabupaten Jember untuk bekerja sama dengan dunia pendidikan diwilayahnya dalam pembinaan siswa-siswi, sehingga lebih mencintai tanah air, memiliki pemahaman wawasan kebangsaan.

Melalui kesempatan ini, Dandim juga berharap agar sekolah dalam mengadakan MOS untuk diarahkan pada hal-hal yang lebih positif dan diawasi sehingga tidak terjadi korban penyiksaan oleh senior-seniornya seperti yang banyak terjadi beberapa tahun yang lalu.

“ Kami TNI pun saat memberikan MOS kepada adik-adik pelajar sudah ada panduan yang baku tentang bagaimana tata cara baris berbaris, tentang pentingnya cinta tanah air dan wawasan kebangsaan serta tidak militeristik, “ pungkas Dandim menutup pembicaraan. (midd)

Berita Terkait Pendidikan

Tidak ada komentar: