"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Selasa, 25 Agustus 2015

Atasi Krisis Air Bersih, Mahasiswa Bantu Mesin Dongki Air

Lumajang, MAJALAH-GEMPUR.Com. Musim kemarau berkepanjangan yang mengakibatkan kekeringan, menggugah mahasiswa Universitas Muhamadiyah Malang yang sedang KKN, membuat mesin dongki.

Puluhan mahasiswa yang tengah melakukan KKN di Desa Mojo Kecamatan Padang ini bersama warga bahu membahu memasang aliran pipa air bersih dengan teknik mesin dongki dari sumber mata air menuju ke pemukiman warga yang jaraknya sekitar 1 km.

Mesin dongki yang dipasang di sumber mata air dimodifikasi tanpa menggunakan bahan bakar, sebagai penggeraknya aliran air sumber tersebut. Selain memodifikasi mesin dongki secara manual para mahasiswa juga membuat tandon air yang berfungsi untuk menyimpan air bersih.

Adita Putri, salah satu mahasiswi mengatakan, dia bersama kawan-kawannya tergerak ketika melihat nasib warga Desa Mojo yang kekurangan air bersih, mereka berjalan 1 km untuk untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. “Ini merupakan salah satu karya nyata kami sebagai mahasiswa dalam membantu masyarakat,” katanya Rabo (25/8).

Dia juga berharap agar pemerintah daerah segera tanggap dengan penderitaan yang dialami warganya, karena menurut warga krisis air bersih ini selalu dialami warga setiap musim kemarau tiba. “Untuk mengatasi krisis air bersih yang ada di Lumajang ini perlu ada upaya nyata dari pemerintah daerah,” ujar gadis manis ini.

Sementara itu warga sekitar mengaku senang dengan kegiatan sosial yang dilakukan mahasiswa ini karena sudah bertahun-tahun warga Desa Mojo selalu mengalami krisis air bersih saat musim kemarau. “Setelah ada mesin ini warga tidak perlu jauh-jauh untuk mencari air bersih mas,” ungkap Suroso, warga sekitar. (ek)

Berita Terkait Lingkungan

Tidak ada komentar: