"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Monday, August 31, 2015

Jelang Idul Adha Harga Hewan Korban Di Jember Mulai Naik

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com.  Meski hari raya Idul Adha kurang sebulan lagi, sejumlah pedagang hewan kurban mulai membuka bursa jual beli hewan. Harga yang ditawarkan untuk jenis sapi limusin mulai 13.5 juta sampai 40 juta.

Salah-satunya di di Jalan Raya Mangli, Kecamatan Kaliwates, seorang pedagang asal Perumahan Griya Mangli mengatakan, dia sengaja membuka bursa sapinya lebih awal karena ingin mengulang keberhasilan tahun kemarin yang juga menjual sapi kurban.

“Tahun kemarin dalam jangka waktu 13 hari saya mampu menjual sapi kurban sebanyak 46 ekor. Dan saya mencobanya kembali untuk tahun ini dengan waktu yang lebih panjang,” katanya, disela-sela aktifitasnya memberi pakan sapi. Senin sore  (31/8).

Menurut Hasan, selama seminggu paska dirinya membuka lapak pada tahun ini, 6 ekor sapi korban miliknya sudah laku terjual. “Alhamdulillah, untuk kali ini saja, selama satu minggu sudah ada enam ekor sapi limusin saya sudah ada yang membeli,” ucapnya.

Sedangkan harga jual bervariasi. Harga terendah dia tawarkan13.5 juta, sedangkan harga tertinggi 40 juta. Tinggi rendahnya harga sapi, tergantung ukuran serta kwalitas sapi. “Untuk yang jenis limosin yang paling besar ini saya tawarkan 40 juta,” ujarnya, sembari menunjukkan sapi yang paling subur diantara yang lain.

Hasan mengakui, jika harga sapi mengalami kenaikan jika dibanding bulan puasa kemarin. Menurutnya hal itu bukan karena dipicu harga daging yang melambung, melainkan karena tingginya permintaan pasar akan sapi kurban. “Jika dibandingkan bulan puasa kemarin, rata-rata naik 1 juta per ekor,” terangnya.

Meski begitu, dia menjamin jika sapi yang dia jual telah memenuhi standart syariat islam, karena selain telah cukup umur sesuai ketentuan kurban, sapinya adalah sapi pilihan yang sehat dan tidak cacat. “Meski belum diperiksa oleh Dinas Peternakan Jember, saya jamin sapi yang saya jual sehat dan tidak cacat,” paparnya. (ruz)

Berita Terkait Ekonomi Bisnis

No comments: