"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Sabtu, 29 Agustus 2015

Panwaslih Himbau Media Netral Dalam Pibup Jember

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Panitia pengawas pemilihan Jember menghimbau kepada pimpinan redaksi dan jurnalis agar pemberitaan yang dimuat dalam kampanye pasangan Cabup-Cawabup Jember adil dan seimbang.

“Kami tidak akan menggarami lautan, disini kawan-kawan jurnalis sudah paham apa itu independensi. Yang dimaksud adil disini adalah jumlah pemberitaan yang dimuat sama dalam jumlahnya,” ujar anggota Panwaslih Jember, Nur Elya Anggraeni, dalam sosialisasi tahapan kampanye bersama insan pers di skretariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jember.  Sabtu (29/8)

Mantan wartawan Prosalian Radio FM itu memahami tingkat kesulitan secara teknis jurnalis dalam isi pemberitaan yang ‘adil’ itu. Meski demikian dia tetap menyarankan agar ada ikhtiyar untuk menjaga independensi jurnalis dalam setiap produk jurnalistiknya. “Netralitas jurnalis dan media massa disini tidak hanya netral dari sisi personal saja, melainkan juga tampak netral dalam setiap produk jurnalistiknya,” kata Eli, Sapaannya.

Untuk itu, sambung Eli, Panwaslih Jember akan terus memantau setiap isi pemberitaan yang memuat aktifitas kampanye pasangan calon. Meski diakuinya, Panwaslih tak dapat memberi sanksi terhadap media ataupun jurnalis yang ‘nakal’.

“Panwaslih kewenangannya hanya sebagai rekomendator apabila ada temuan maupun laporan. Jika media cetak akan kami teruskan ke Dewan Pers dan ke Komisi Penyiaran Indonesia untuk media elektronik,” bebernya. (ruz)

Berita Terkait Politik dan Hukum

Tidak ada komentar: