"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Wednesday, 26 August 2015

Panwaslu Jember Ajak Masyarakat Awasi Pemilukada

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Panwaslih Jember, mengajak masyarakat ikut bagian dalam pengawasan dalam Pemilukada. Hal ini untuk memastikan agar pilkada 9 Desember 2015 dapat berjalan dengan baik.

Sehingga, akan tercipta pemilu yang berkualitas dan melahirkan pemimpin sesuai harapan masyarakat. “Kami sangat senang jika masyarakat, NGO, Ormas, dan mahasiswa ikut serta untuk melakukan pengawasan partisipatif,” kata ketua Panitia Pengawas Pemilih (Panwaslih) Jember, Dima Akhyar saat acara seminar pendidikan politik yang digelar HMI Komisariat Fakultas Hukum Universitas Jember, Minggu pecan lalu.

Pasalnya menurut Dima, suksesi pemilukada bukan semata tugas penyelenggara pemilu dan pihak keamanan saja, melainkan juga menjadi tanggung jawab setiap warga Negara. “Supaya pemilukada nanti dapat berjalan dengan Jujur, adil dan demokratis, serta terhindar dari kecurangan,” Harapnya.

Ketua Jaringan Pemilih Rasional (Japer), Kustiono Musri, menyambut baik ajakan Ketua Panwaslih Jember. Menurut Kustiono, peran masyarakat dalam melaksanakan pemantauan cukup vital, karena tak hanya untuk mensukseskan pemilukada tetapi juga untuk membangun demokrasi yang partisipatif.

“Apa fungsinya ritual lima tahun sekali, jika pendidikan politik dan piranti demokrasi di tingkat masyarakat tak pernah dibangun. Saya kira apa yang disampaikan oleh ketua Panwalih Jember itu sangat baik, dan harus didukung sepenuhnya,” Katanya usai acara Pengundian Nomor Urut calon Bupati di Jember, Rabo malam (26/8).

Kustiono juga mengingatkan agar Panwaslih dapat menunjukkan taringnya,  “Panwaslih harus pro aktif, jangan hanya menerima bola, tetapi juga harus menjemput bola serta tidak ragu menindak segala bentuk pelanggaran. Seperti membersikan baliho para cabup yang masih banyak dan pelanggaran lain”.  Tegasnya.

Dukungan serupa juga datang dari ketua Forum Wartawan Lintas Media (FWLM) Jember Ihya Ulumiddin. Menurut Udik kesuksesan Pilkada juga juga tak lepas dari peran media massa. Wartawan Memo Arema Tapalkuda ini berjanji siap mengawal Pemilukada Jember agar berjalan dengan aman, lancer  dan sukses.

Dalam pengundian Nomor Urut yang digelar di Panorama Hotel Rabo Malam, pasangan Sugiarto- Mochammad Dwi Koryanto yang diusung enam partai politik, mendapat Nomor Urut 1 sedangkan pasangan Faida-Abdul Muqit Arief yang diusung empat partai politik mendapat nomor urut 2. (eros/ruz)

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: