"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Senin, 24 Agustus 2015

Pemkab Jember Dinilai Lamban Tangani Pengobatan “Penderita Tumor” Pasien Miskin

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Anggota Komisi D DPRD, Isa Mahdi, soroti lambannya pemerintah Kabupaten Jember atas pengobatan Wagira, pasien miskin penderita tumor tulang ganas yang diderita di wajah nya.

Padahal pihak RSUD Dr Soebandi dan Dinas Kesehatan telah siap menindaklanjuti kasus itu ke RSUD Dr Soetomo Surabaya. “Saya ingat betul ketika pembahasan P-APBD, kedua instansi tersebat menyatakan kesanggupannya ” kata Isa Mahdi, ketika diwawancari via Blackberry Mesenger, Senin pagi (24/8/2015).

Namun, setelah dua bulan berlalu tidak ada tindaklanjut. “Berkali kali-kali saya hubungi pimpinan kedua instansi tersebut namun jawabannya sangat tidak memuaskan. Padahal saya ini anggota DPRD Jember Komisi D yang salah satunya membidangi kesehatan,” ujarnya.

Kasus ini mencuat setelah ramai diberitakan media masa, hingga adanya gerakan jimpitan “Wartawan Jember Peduli” yang dipelopori Forum Wartawan Lintas Media Jember dan Wartawan Jember selatan awal bulan Maret 2015 untuk meringankan beban biaya pengobatan, sekaligus sindiran untuk Pemkab Jember yang dinilai gagal menjamin kesehatan warganya.

Wagira adalah perempuan berusia 60 tahun asal Desa Yosorati, Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember, dia menderita tumor ganas di wajah yang dialaminya selama 20 tahun lebih. Akibat penyakitnya itu, Wagira kesulitan makan, minum, dan bernapas.

Musababnya, tumor itu membuat posisi wajahnya tak simetris, sebuah benjolan mendesak mata kiri Wagira hingga bergeser beberapa sentimeter ke atas dari tempat semula. Lubang hidungnya tak lagi tampak dan tak berfungsi banyak, serta mulutnya tersisa sedikit di bawah benjolan untuk bicara dan bernapas. (ruz)

Berita Terkait Kesehatan

Tidak ada komentar: