"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Selasa, 18 Agustus 2015

Proklamasi Mojan, Bentuk Protes Rakyat Kecil Kepada Pemerintah

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Momentum 70 tahun Harlah Kemerdekaan Indonesia, dimanfaatkan santri An-Nibros Mojan, untuk menyatakan protesnya kepada Pemerintah. Protes itu disampaikan secara eksplisit dalam upacara.

“Proklamasi! Kami anak Mojan, juga Indonesia yang belum merdeka dan tertinggal dari segala hal! Kami anak Mojan, juga Indonesia menyatakan bahwa Indonesia kaya raya tetapi mengapa kami menderita! Kami anak Mojan, juga Indonesia!”

Demikian kutipan teks proklamasi ala ‘Mojan’ yang dibacakan Muzanni, salah seorang pendamping yang memimpin upacara tersebut, yang kemudian diikuti oleh puluhan santri dan pengurus ponpes. Mereka menyebut, proklamasi itu sebagai ‘Proklamasi Mojan’. Karena, meski telah 70 tahun Indonesia merdeka, namun ternyata mereka yang tak dapat merasakan nikmatnya kue pembangunan negeri ini.

“Disini, warga tak bisa menikmati manfaat pembangunan. Karena tak ada gedung sekolah, jalan penghubung desa di perbukitan dan daerah hutan desa kawasan setempat juga masih belum tersentuh oleh pembangunan. Bila musim hujan tiba, kondisi jalan tanah liat menjadi sangat licin,” kata Muzani, saat dihubungi lewat pesan singkatnya, Selasa sore (18/8).

Ironisnya, Dusun Mojan-kelurahan Bintoro Kecamatan Patrang hanya berjarak sekitar 7 kilometer dari pusat Kota Jember. Tetapi mayoritas penduduknya masih banyak yang buta aksara dan hidup dibawah garis kemiskinan. Selain orang tua mereka yang masih buta huruf sebagian besar anak-anak Mojan juga tidak bersekolah.

“Aksi ini kami lakukan agar diketahui dan didengar oleh pemerintah pusat dan maupun Pemerintah Daerah. Baik yang duduk di Eksekutif maupun yang duduk di legislatif. Agar kondisi kemiskinan dan buta huruf di daerah kami dapat diperhatikan,” pungkasnya. (ruz)

Berita Terkait Sosial Budaya

Tidak ada komentar: