"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Jumat, 14 Agustus 2015

Tiga Hari Nelayan Tidak Berani Melaut, Harga Ikan di TPI Puger Naik

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Akibat tidak melautnya sebagian nelayan selama tiga hari terakhir, membuat harga sejumlah ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, mengalamai kenaikan.

Kenaikan itu diduga minimnya pasokan ikan dari hasil tangkapan nelayan.  Anik, salah seorang pedagang ikan di TPI Puger mengaku, hampir semua ikan harganya mengalami kenaikan, bahkan ada yang mencapai hingga 50% dari harga normal. "Semuanya naik, antara Rp. 3 ribu hingga Rp. 10. Ribu," ujarnya, Jum'at (14/8).

Sejumlah ikan yang mengalami kenaikan diantarnya, ikan tongkol yang semula 12 ribu, menjadi  17 ribu perkilogram, ikan lemuru atau ikan sarden daeri 7 ribu menjadi 10 ribu perkilogram. Sedangkan kenaikan tertinggi terjadi pada ikan cumi-cumi yang awalnya 20 ribu, naik 50% menjadi 30 ribu perkilogram.

Catur, seorang nelayan asal Dusun Krajan I, Desa Puger Kulon mengatakan kwatir karena ombak tinggi dan angin sangat kencang. Para nelayan baru kembali melaut, Jum'at (14/8), setelah kondisi ombak mulai tenang. "Hari ini kondisi ombak mulai tenang, sehingga kami berani melaut lagi," ungkapnya

Padahal, aku Catur, sejak kemarin hasil tangkapan nelayan cukup tinggi, karena saat ini lagi musim-musimnya ikan. Namun karena cuaca yang tidak bersahabat, terpaksa nelayan menunggu hingga cuacanya kembali baik. "Padahal saat-saat seperti ini adalah masa panen ikan. Terutama jenis ikan tongkol," pungkasnya. (st1)

Berita Terkait Ekonomi Bisnis

Tidak ada komentar: