"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Wednesday, September 16, 2015

Dalam Sebulan, Hutan Gunung Lemongan Dua Kali Terbakar

Lumajang, MAJALAH-GEMPUR.Com. Hutan di lereng Gunung Lemongan di Kecamatan Klakah, Rabu (16/9), kembali terbakar. Kebakaran ini merupakan kedua, setelah dua pekan lalu mengalami kejadian sama.

Api membakar alang-alang dan tanaman perdu yang mengering di sepanjang lereng gunung dengan ketinggian hingga 1.651 meter di atas permukaan laut (mdpl). Misbakhul Munir Wakil ADM Perhutani Lumajang mengatakan, bahwa kebakaran mulai pukul 10.00 WIB dengan lokasi kebakaran di petak 12 dan 19.

 "Saat ini, Perhutani dibantu masyarakat dan relawan Laskar Hijau sudah melakukan upaya pemadaman. Kalau kekurangan personil, kami akan meminta bantuan BPBD, Satpol PP dan kepolisian," katanya. Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran. "Tapi biasanya masyarakat yang melakukan peladangan liar dengan cara membakar alang-alang di sana," ujarnya.

Terkait potensi kebakaran hutan, Misbakhul Munir menyebutkan, bahwa cuaca sangat ekstrem dan vegetasi sangat kering sehingga mudah terbakar yang menjadi salah-satu faktornya. "Untuk itu, kami mengimbau masyarakat di sekitar hutan, agar tidak membuat api dan membuat peladangan liar dengan cara membakar. Karena itu yang selama ini menjadi pemicu utama kebakaran," himbaunya.

Sementara itu, A’ak Abdullah Al Kudus, Koordinator aktivis lingkungan Laskar Hijau kepada sejumlah wartawan mengatakan kebakaran ini diduga dilakukan oleh orang tak bertanggungjawab. “Api diduga bermula dari tiga titik, termasuk titik yang pernah dibakar orang tak dikenal untuk membukan lahan baru,” katanya. (eko)

Berita Terkait Lingkungan

No comments: