"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Wednesday, September 2, 2015

Panwaslih Mulai Tertibkan APK Cabup Jember

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Panitia Pengawas Pemilih Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Jember Jawa Timur, mulai menertibkan alat peraga kampanye (APK) pasangan calon. Pembersihan itu dilakukan karena telah memasuki masa kampaye.

Mengingat peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang tidak memperbolehkan cabubmelakukan pemasangan alat peraga yang dibuat penyelenggara pemilihan.  Sehingga APK yang telah dipasang dan bukan berasal dari KPU maka akan dibersihkan.

Tampak pembersihan APK tampak di ruas Jalan Raya Kecamatan Balung Jember, yang dilakukan oleh Panwaslih Kecamatan Balung. Mengingat sudah mulai memasuki masa kampanye yang dimulai sejak tanggal 27 Agustus kemarin hingga 5 Desember 2015

Petugas dari Panwaslih kecamatan setempat dan anggota Satpol PP Balung mencopot APK yang terpampang di pinggir jalan dan tempat-tempat strategis lainnya. “Setelah kami melakukan koordinasi dengan Satpol PP kecamatan, kemudian kami bergerak melakukan penertiban dan pembersihan APK,” ujar Fariz Ahmad, ketua Panwaslih Kecamatan Balung.

Menurut Fariz, sedikitnya ada 54 titik APK yang menjadi sasaran pembersihan. Dari sekian titik itu diantaranya berupa spanduk dan baliho ukuran besar yang dipasang oleh tim pemenangan paslon. “Ada banyak sekali yang harus ditertibkan, sekitar 54 titik. Bisa dilihat di mobil Satpol PP itu, banyak sekali yang sudah diangkut,” ujar dia, seraya menunjukkan tumpukan baliho dan spanduk paslon di mobil operasional Satpol PP.

Dijelaskannya, pada pemilu bupati kali ini, semua APK disediakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jember, sehingga APK yang telah dipasang dan bukan berasal dari KPU maka akan dibersihkan. “Hal ini berdasarkan Perarutan KPU Nomor 7 Tahun 2015, serta Peraturan Bawaslu Nomor 10 Tahun 2015 tentang pengawasan kampanye,” sebutnya. (ruz/st1)

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: