"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Monday, September 28, 2015

Petani Tembakau Korban Raung Minta Ganti Rugi Pemerintah

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Ribuan Petani tembakau, korban erupsi gunung raung Senin (28/9) kembali gelar aksi unjuk rasa di gedung DPRD. Aksi dilakukan lantaran pemerintah dianggap tak peduli dengan anjloknya harga tembakau.

Sejumlah perwakilan pengunjuk rasa saat di temui oleh anggota DPRD mengungkapkan kekecewaannya, kepada pemerintah, lantaran meski pihak pabrikan enggan membeli tembakau petani. namun pemerintah hingga kini tidak bergeming. Akibatnya kondisi petani sangat terpuruk.

Harusnya Pemkab peduli dan tanggap apa yang menjadi keluhan petani tembakau. Apalagi anggota DPRD yang sudah dipercaya menjadi wakil rakyat, jika pemkab tidak tanggap, DPRD lah yang harus turun tangan, mencari  solosi dengan mempertemukan antara petani, pemerintah dan pihak pabrikan.

Untuk itu mereka meminta diberi ganti rugi, “Yang menjadi tuntutan kami jelas, bisakah Pemerintah mengganti, minimal melakukan pembelian dengan harga yang layak serta melakukan pembinaan, sosialisasi atau mencarikan kemitraan, agar nasib petani tidak terus terkatung-katung,” harapnya.

Namun jika dalam dua hari kedepan masih tidak ada jawaban, mereka mengancam akan melakukan aksi massa lebih besar lagi. “Bila DPRD masih tidak merespon harapkan petani tembakau, kami akan mendatangkan masa yang lebih besar lagi”, pungkas Hendro.

Sebelum meninggalkan Kantor DPRD Jember para perwakilan petani dari beberapa kecamatan se kabupaten Jember yang hanya di temui oleh dua anggota DPRD Jember dan Kadishutbun yang datang bersama stapnya ini secara simbolis diberikan tembakau

Imam Suyuti dari Fraksi PKB berdalih anggota yang lain sedang mengikuti pelantikan Pj Bupati Jember di Surabaya. Namun selang tidak berapa lama anggota yang lain ikut hadir dalam pertemuan dengan perwakilan petani di antaranya Budi Wicaksono dari Fraksi Nasdem serta Maskur Kadishutbun.

Kadishutbun Masykur mengelak dikatakan hanya tinggal diam, Pemkab menurutnya sudah berusaha mencari solosi atas anjloknya harga tembakau akibat letusan Gunung Raung ini. “Kami sudah berusaha membantu petani dengan mengunjungi pabrikan, Intinya agar pabrikan mau membeli tembakau petani”, kilahnya.

Masih menurutnya, kunjungan seperti itu dilakukan beberapa kali dan sekarang pihak pabrikan sudah membeli tembakau para petani walau masih dalam skala kecil. Diharapkan kedepan pihak pabrikan mau membeli tembakau para petani dalam skala besar. (midd)

Berita Terkait Pertanian

No comments: