"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Friday, September 11, 2015

Warga Lumajang Usir Paksa Alat Berat Tambang Pasir

Lumajang, MAJALAH-GEMPUR.Com. Khawatir masuknya alat berat penggalian pasir dapat mengurangi mata pencaharian, ratusan warga Desa Jugosari Kecamatan Pasirian, Jumat siang (11/9), Mengusir paksa alat berat.

Aksi pengusiran.tersebut diwarnai kericuhan antara warga yang pro dan kontra. Warga yang kontra merasa mata pencahariannya sebagai penambang tradisonal akan hilang. “Kalau dibiarkan, akan cepat habis pasirnya mas, terus warga akan nganggur,” kata Miskadin salah seorang warga yang kontra.

“sudah banyak contoh dilokasi lain, ketika alat berat didatangkan dan mulai melakukan penambangan maka para penambang tradisonal banyak yang nagnggur, ini yang kami cegah. Di Lumajang hanya di Desa Jugosari yang penambangan pasirnya masih menggunakan alat tradisional,” Timpal Miskadin.

Ketika akan memasuki desa tersebut, truk pengangkut alat berat, dihadang ratusan warga, baik laki-laki, maupun para ibu rumah tangga. Meski dikawal sejumlah orang berbadan besar, karena jumlah warga lebih banyak, mereka tidak bisa berbuat banyak, akhirnya alat berat gagal masuk ke area penambangan pasir galian C.

Selanjutnya truk pengangkut alat berat tersebut diusir warga hingga ke perbatasan Kecamatan Candipuro-Pasirian. Menurut warga, pihak investor sudah lama berupaya melakukan penambangan pasir di Jugosari menggunakan alat berat, namun warta tetap menolaknya.

Pantauan dilapangan bahwa saat demo penghadangan truk pengankut alat berat, sempat terjadi keributan antara warga yang pro dan kontra, beruntung aksi tersebut bisa diredam warga lainnya sehingga tidak terjadi bentrokan fisik dan pengusiran alat berat tetap dilanjutkan.   

Sayangnya hingga warga berhasil mengusir alat berat tersebut tidak ada satupun aparat kepolisian yang mengamankan kejadian ini. Adapun pemilik ijin penambangan pasir galian C yang ada di Desa Jugosari tersebut adalah PT. Pasirindo Perkasa.

Berita Terkait Ekonomi Bisnis

No comments: