"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Wednesday, September 9, 2015

Waspadalah, Bajak Akun Facebook Minta Dikirimi Pulsa

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Anda memiliki akun facebook? Jika iya, sering - sering lah mengecek  akun anda. Pasalnya, salah-salah anda bisa menjadi korban peretas yang memanfaatkan untuk menipu sejumlah teman di media sosial anda.

Seperti yang dialami Bagus Budiantoro, akun facebook pria asal Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember ini Rabu (9/9)  sekitar  jam 09.00 pagi dibajak, Celakanya, akun itu dipakai untuk meminta sejumlah pulsa kepada teman medsosnya.

Bagus baru menyadari jika facebooknya dibajak, setelah ada salah seorang kawannya mengkonfirmasi dia melalui ponsel. “Saya baru mengetahuinya setelah ada salah seorang kawan menelpon saya untuk memastikan permintaan pulsa tersebut,” katanya.

Menurut Bagus, dari sekian teman medsos ada salah satu yang telah mengirim sejumlah pulsa yang diminta oleh pembajak mulai dari 20 ribu sampai 50 ribu rupiah. “Sebegaian teman saya ada yang ngirim 20 samapai dari 50 ribu nilai pulsa yang diminta, ada juga yang ngirim 25 ribu,” ujarnya.

Modus operandinya adalah pertama Tanya kabar, lagi dimana, aku minta tolong kalau bisa, bisa kirimi pulsa 20 ribu dulu, ada yang 50 ribu dulu, soalnya ada urusan penting. Nanti saya ganti.  Ada juga kata-katanya yang  seperti ini “Bisa isikan plsa 20 dlu tdk, insya Allah nanti saya ganti kalau urusnku dah slesai”. 082 343 525 899 ini nomornya. Sudah kirim belum.

Kata-kata itu dirim ke seluruh teman facebook ku. Terus terang saya merasa malu sekali dengan ulah peretas tersebut. “Bahkan ada pihak keluarga yang sempat menegur melalui telpon dan mengatakan perbuatannya (meminta-minta pulsa) itu tidak pantas dilakukan”.  Keluhnya.

Selanjutnya, Bagus meminta bantuan salah seorang kawannya untuk memperbaiki akun medsosnya. Meski kata sandinya sudah dirubah oleh peretas, beruntung, sekitar jam 10 dapat diperbaiki, sehingga dia dapat meng kroscek siapa saja teman mensosnya yang diminta pulsanya.

Saat itu juga bagus langsung mengambil tindakan dengan mengirim pesan lewat Inbox ke seluruh temannya yang dimintai pulsa “Jangan dikasi pulsanya, facebook saya di heker, masih saya perbaiki” bukan hanya lewat inbox Bagus juga menulis di dindingnya “Mohon Maaf kepada teman-teman. Facebook ku lagi di haker. jika meminta Pulsa maaf jangan dikasih. Trims

“Tadi sudah saya minta seorang kawan untuk mengganti pasword nya. Dan semua yang di inbox untuk dimintai pulsa sudah saya kalrifikasi, Pesan saya kepada teman-teman yang punya facebook. hati-hati, dan kalau ada yang minta pulsa, tolong dikroscek dulu kebenarannya. kalau tidak cepat ganti password anda” Pesannya. (eros)

Berita Terkait Kriminal

No comments: