"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Friday, October 23, 2015

Antisipasi Gunung Raung Kembali Meraung

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Sekitar 369 Personil Kodim, Yonif 512, PMI, Tagana, BPBD, Basarnas, Damkar, Pol PP, Polsek dan Puskesmas serta anggota Pramuka, Jumat (23/10) mengevakuasi puluhan Korban letusan Raung.

Ratusan warga dibawah lereng Gunung Raung ini diungsikan dilapangan Gunug Malang, bahkan banyak orang tua dan anak-anak yang harus di gendong tim penyelamat, suasana panik dan mencekam begitu terasa di Desa Gunung Malang Sumber Jamber dan Rowosari Kecamatan Ledokombo

Namun, kepanikan ini hanya simulasi yang digelar tim gabungan dibawah komando Kodim 0824, “Ini latihan penanggulangan bencana, program dari atasan bekerja sama dengan BPBD. untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu bencana alam semua sudah siap,” ujar M Satari, dari Korem 083 .

Latihan Simulasi ini diawali dengan perencanaan operasi, yakni tahap gladi posko di markas Kodim selama dua hari. Kemudian pindah Posko ke lapangan Gunung Malang agar lebih dekat. “Kami juga sosialisasi di dua desa itu tentang hal-hal yang dilakukan ketika terjadi bencana,” imbuhnya.

Mistari menambahkan, simulasi ini tidak hanya penaggulangan pada saat bencana saja, akan tetapi juga pasca bencana terjadi seperti melakukan rehabilitasi secara fisik maupun psikis. “Kalau fisik rehabilitasi akibat bencana letusan, kalau psikis memulihkan kondisi korban agar tidak trauma,” jelasnya.

Menurut Ali Cahyono dari Kodim 0824 latihan pada 20 - 24 Oktober, untuk mengaplikasikan dan menggabungkan berbagai protap instansi. Sehingga ketika terjadi musibah bisa langsung bergerak. “Intinya mengintegrasikan instansi agar jika terjadi bencana, kita sudah siap, tidak saling menunggu dan menyalahkan,” jelasnya. (edw)

Berita Terkait Lingkungan

No comments: