"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Friday, October 2, 2015

Daftar Pemilih Tetap Pilkada Jember 1.892.435 orang

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember Jawa Timur Jum'at siang (2/10, menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil kepala Daerah yang digelar serentak 9 Desember 2015 mendatang.

Penetapan DPT oleh  Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) yang bertempat di Gedung Garuda, Kecamatan Kaliwates disaksikan Kapolres Jember, Panwaslih, perwakilan DPRD Jember, serta 31panitia pemilihan di tingkat kecamatan (PPK) se- Kabupaten Jember.

Penetapan DPT ini merupakan perbaikan Daftar Pemilih Sementara (DPS) oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa dan PPK, setelah menerima masukan masyarakat.  "Sebelum DPT ini ditetapkan, PPK dan PPS telah bekerja secara luar biasa. Dan saya mengapresiasi kinerja itu," kata Ketua KPU Jember, Achmad Anis

Dari DPS, yang sebelumnya 1.930.863 menjadi 1.892.435 pemilih. DPT, terkoreksi sebanyak 38.428. “Berkurangnya DPT menyusul ditemukannya data pemilih yang berpotensi ganda, sehingga KPU melakukan penyaringan sesuai rekomendasi panwaslih,” kata Ketua KPU, Ahcmad Anis, di Gedung Garuda Kaliwates, Jum’at (2/10).

Dibandingkan DPT pada pemilu presiden tahun 2014 Jumlah DPT Pilbupati dan Wakil bupati Jember ini mengalami kenaikan sekitar 130.545 dari 1.761.890 pemilih. “Jika dibandingkan dengan pemilu sebelumnya tetap ada peningkatan,” Lanjutnya.

Menurutnya, data yang berpotensi ganda tersebut dikarenakan tingginya mobilitas warga Jember, terutama kaum muda, yang berpindah tempat dari satu desa ke daerah yang lain. “Kebanyakan mobilitas kaum muda yang pindah dari desa ke kota dan itu tidak terekam dalam daftar mutasi penduduk,” pungkasnya. (ruz)

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: