"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Tuesday, October 13, 2015

Gudang Tembakau PTPN X Kembali Terbakar

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Empat Gudang pengeringan tembakau milik PTPN X Kebun Ajong di Dusun Gumuk Kerang Desa Ajung Kecamatan Ajung Jember, Selasa malam (13/10) sekitar pukul 19.50 ludes dilalap si jago merah.

Sontak saja kejadian ini jadi tontonan warga, ribuan warga ‘menyerbu’ berbondong bondong melihat kebakaran, sehingga mobil Pemadam Kebakaran (PMK) kesulitan untuk mendekati lokasi. Akibatnya dua unit Pemadam ini tak mampu menyelamatkan seluruh gudang yang terbakar.

Tidak hanya itu, banyak warga yang mengabadikan ‘momen’ kebakaran ini dengan kamera hp, bahkan langsung update status di Medsos. “Mau lihat kebakaran mas, ternyata sulit mendekat rame banget yang lihat, seperti wisata malam saja,” ujar Adi warga Lingkungan Kedungpereng Tegal Besar Kaliwates Jember.

informasinya, kebakaran gudang bambu, beratap welit (anyaman daun tebu,red) berawal dari salah-satu gudang no 2 sisi barat bagian atas tengah, dalam sekejap api menjalar ke gudang sebelah barat hingga habis, kemudian 2 gudang sisi timur.

“Kejadianya hanya sekitar 45 menit, karena angin cukup kencang, dua gudang hanya tersisa puingnya, tidak ada yang tahu asal sumber api, sebab saat kebakaran, ada hiburan anak-anak Pramuka kemah di dilapangan sisi timur gudang,” ujar Ibu Dela warga yang rumahnya hanya berjarak 5 meter dari gudang.

Beruntung tidak sampai menimbulkan korban, sebab begitu terjadi kebakaran, acara perkemahan langsung bubar “Beruntung mas, anak-anak segera menyelamatkan diri dan memberesi peralatannya, sebab kalau malam angingnya cukup kencang, ” tambah dela.

diperkirakan pihak PTPN X mengalami kerugian mencapai ratusan juta rupiah, “Beruntung tidak ada tembakau yang dikeringkan di dalam gudang mas, tembakaunya sekitar 6 hari yang lalu diambil, kalau ada tembakaunya tentu kerugiaanya akan semakin besar,” ujar warga yang melihat kebakaran.

Sementara itu pihak kepolisian dan PTPN X yang datang ke lokasi belum bisa dimintai keterangan, karena masih akan mengumpulkan bukti dan data-data, namun menurut beberapa warga yang berhasil ditemui di lokasi mengatakan, curiga ada unsur kesengajaan.

Tidak ada yang tahu persis mas asal apinya, kemungkinan ada yang iseng melempar putung rokok atau api, sebab api membesar dari atas gudang, kalau tidak salah ini yang ke sepuluh kalinya, dulu waktu lebaran juga pernah terbakar yang disebabkan api petasan,” ujar warga yang tidak mau disebut namanya. (min/ali)

Berita Terkait Lingkungan

No comments: