"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Monday, October 5, 2015

HUT TNI 70 Di Jember Digelar Teatrikal Jendral Sudirman

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Peringatan HUT Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI) ke 70  Senin (5/10) di alun-alun Jember gelar Teatrikal Perjuangan Panglima Besar Jendral Sudirman diperankan siswa SMAN 1 Kalisat.

Hadir dalam Upacara ini Penjabat (Pj) Bupati Jember Supa’ad yang juga menjadi Inspektur Upacara. Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) mulai Ketua DPRD Jember Thoif Zamroni, Kapolres Jember AKBP M Sabilul Alif, SH, SIK, Kepala Kejaksaan Negeri Jember Hadi Sumartono, SH, Kepala SKPD, Camat, Danramil, Kapolsek, FKPPI, pejuang veteran serta undangan lainnya yang memenuhi tribun undangan.

Yang menarik hadir pula Dandim Lumajang Letkol Imam Purnomo Hadi dan juga Dandim Probolinggo Letkol Heru Agung Aryandhono. Dari informasi yang berhasil dihimpun, Kodam Brawijaya mengintruksikan agar peringatan HUT TNI ke -70 setiap wilayah digabung setiap 3 Kodim.

Untuk Jember dipusatkan di Jember dan digabung dengan kodim Lumajang dan Kodim Probolinggo. Sedangkan untuk Kodim Banyuwangi digabung dengan Kodim Bondowoso dan Kodim Situbondo yang dipusatkan di Banyuwangi.

Dalam sambutannya sesuai amanat Presiden Jokowi, Pj Bupati Jember Supa’ad berharap TNI lebih dekat dengan rakyat karena TNI berasal dari rakyat dan tetap bekerja profesional.“Sejarah mencatat TNI dilahirkan dari "rahim" rakyat. Panglima Besar Jenderal Soedirman menyatakan bahwa hubungan TNI dan rakyat adalah ibarat ikan dan air. Ikan tidak akan hidup tanpa air. Rakyatlah yang mengandung, merawat, dan membesarkan TNI”, kata Supa’ad.

Masih kata Supa’ad, TNI harus menegaskan jati diri sebagai tentara rakyat. Sebagai tentara rakyat, TNI tidak boleh melupakan rakyat. TNI tidak boleh menyakiti hati rakyat.  TNI tidak boleh berjarak dengan rakyat serta harus selalu bersama-sama rakyat. Hanya dengan bersama-sama rakyat, TNI akan kuat dalam menjalankan tugas pengabdian pada bangsa dan negara. Hanya bersama-sama rakyat, TNI menjadi kekuatan militer yang hebat, kekuatan militer yang disegani serta kekuatan diperhitungkan oleh bangsa-bangsa lain di dunia.

Acara dilanjutkan dengan Teatrikal perjuanan PB Sudirman yang diperankan oleh siswa dan siswi SMAN Kalisat yang juga pernah tampil saat Peringatan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus beberapa waktu yang lalu.

Peserta upacara, undangan dan penonton masyarakat yang berada alun-alun dan di sekitar acara yang menyaksikan pertunjukan teatrikal Perjuanagn PB Jendral Sudirman saat berjuang di masa kemerdekaan ikut terhanyut merasakan suasana yang terjadi saat itu.

Apalagi dibawakan dengan baik dan menjiwai oleh siswa siswi SMAN Kalisat. Pemeran PB Sudirman pun juga beradegan layaknya Jendral Sudirman yang sedang sakit parah tetap memimpin perjuangan perang gerilya hingga akhir hayat.

Di akhir rangkaian kegiatan Upacara HUT TNI ke-70, Pj Bupati dan pejabat lain menuju podium kehormatan di depan papan tembok nama Pemkab Jember untuk memberikan penghormatan pada defile kesatuan TNI yang mengikuti upacara. (midd)

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: