"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Tuesday, October 6, 2015

Politeknik Negeri Jember Terima Tujuh Mahasiswa Dari Cina

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Sejak Selasa (28/9) hingga Jum’at (9/10) lusa, tujuh mahasiswa dari Jiangsu Agri-Animal Husbandary Vocational Collage (Jiangsu Collage) Republik of China mendaftar di Politeknik Negeri Jember (Polije)

Mereka mengikuti mata kuliah Budaya dan Bahasa Indonesia. Pemberian mata kuliah Budaya dan Bahasa Indonesia tersebut merupakan bagian penting dari program student exchange antara Polije dengan Jiangsu Collage angkatan pertama.

“Mata kuliah Budaya dan Bahasa Indonesia bermanfaat untuk menyiapkan dan proses adaptasi dari aspek bahasa serta pengenalan atmosfer akademik, agar mereka segera bisa menyesuaikan dengan sistem pembelajaran dan masyarakat kampus Polije”, ujar Siti Aisyah Kepala Pusat Pelatihan dan Pelayanan Bahasa Selasa (6/10).

Menurut Direktur Pelaksana LPIU PPU dan Urusan Luar Negeri Ir. Nantil Bambang Eko S, M.Si, ketujuh mahasiswa Jiangsu College tersebut berasal dari program studi (prodi) Animal Science, akan menempuh perkuliahan dan praktikum sebanyak 21 SKS pada prodi Produksi Ternak Jurusan Peternakan selama 1 semester dan akan diakhiri pada 15 Januari 2016. “Mereka menempuh perkuliahan di Polije selama 1 semester dengan sistem transfer kredit”, tutur Nantil Bambang.

Pada aspek materi Budaya Indonesia, ketujuh mahasiswa Jiangsu diperkenalkan dengan makanan tradisional, tempat ibadah dan agama yang dianut oleh masyakakat Indonesia, aneka tari tradisional, adat istiadat dan tempat rekreasi serta kekayaan alam Indonesia yang sangat beragam.

Proses perkuliahan Budaya dan Bahasa Indonesia diampu oleh Nila Susanti, S.Pd, M.Pd, Titi Ismailia, S.Pd, M.Pd dan Tutus Zahro, S.Pd, M.Pd yang semua berasal dari Dosen prodi Bahasa Inggris Jurusan Bahasa, Komunikasi dan Pariwisata.

“Kemampuan bahasa Inggris mereka cukup baik, sehingga sangat mendukung proses perkuliahan serta pemahaman semua materi yang diberikan”, ungkap Nila Susanti disela-sela perkuliahan.

Dari beberapa hari tinggal dilingkungan kampus Polije, mereka tampak sangat menikmatinya. Hal ini ditandai dengan mudah bergaul dan berbaur dengan mahasiswa Polije disekitarnya, mereka tidak menemui kesulitan mencari menu makan baik di kantin kampus maupun di beberapa warung mahasiswa disekitar kampus.

“Mereka suka lalapan dan bahkan suka berbaur sarapan di kantin asrama serta kadang-kadang masak sendiri”, ujar Nantil Bambang. Mereka sudah diajak ke Pantai Tanjung Papuma dan jalan-jalan melihat kota Jember serta gelagat dan keakrabannya mereka tampak menikmati sekali dan betah tinggal di Jember.

Ketujuh mahasiswa tersebut sangat senang belajar dan mengenal budaya Indonesia, mulai dari etika pergaulan, mengucapkan salam, dan tak segan-segan mempraktekkan dengan siapa saja yang mereka temui. “Dengan belajar budaya Indonesia, dapat menjadi bekal mereka menceritakan khasanah budaya Indonesia khususnya Jember sebagai promosi ketika kembali ke China”, pungkas Nantil Bambang. (midd)

Berita Terkait Pendidikan

No comments: