"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Friday, October 23, 2015

Pos Palang Pintu Kereta Api DI Roxy Square Dibongkar

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com.  Dinilai mengganggu pandangan pengendara saat melalui perlintasan kereta api. Pos palang pintu perlintasan kereta api yang menjadi akses masuk ke toko swalayan Roxy Square Jum’at (23/10) dibongkar.

Pembongkaran tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil hearing antara Kapolres dengan Komisi D DPRD Jember serta sejumlah stake holder beberapa waktu lalu, yang menilai keberadaan pos perlintasan mengganggu pandangan pengendara saat melalui perlintasan kereta.

Manajer Umum Roxy Square, Maman, pendirian pos penjagaan itu awalnya adalah pemberian PT Kereta Api Indonesia (KAI). Namun dirinya enggan mempersoalkan asal usul properti tersebut. "Harapannya permasalahan ini cepat selesai, dan proses pembangunan pos jaga perlintasan (yang baru) cepat rampung,” katanya.

Menurutnya, pembongkaran pos penjagaan lama tersebut akan digantikan dengan pos penjagaan baru yang lebih representatif lokasinya, merupakan sebuah kepedulian dan langkah yang tepat untuk kemana masyarakat sekitar Roxy Square. “Apalagi di daerah sini dekat perkampungan,” jelasnya.

Namun Asisten Humas PT KAI Daerah Operasi 9 Jember, Tohari menyangkal, ijin pendirian pos penjagaan tersebut dari PT KAI, karena PT KAI tidak memiliki kewenangan untuk mengeluarkan ijin. "Dulu memang sempat ada ijin yang sifatnya sementara dari Kementerian Perhubungan, tapi itu sudah mati. Dan sekarang masih dalam proses ijin perpanjangan,” ujarnya.

Namun dirinya menurut Tohari, PT KAI tetap akan mendampingi pelaksanaan pembongkaran pos penjagaan yang baru itu sekaligus akan memberikan petunjuk pembongkaran serta arahan dalam proses pembongkaran serta pembangunannya.

Ditambahkannya, rekomendasi dari PT KAI soal perlintasan kereta api nanti akan dibuat satu lajur, yakni pintu sebelah kanan dan kiri. Sedangkan pelaksanaan pembangunannya masih menunggu hasil survei Analisa Mengenai Dampak Lingkungan Lalu Lintas (Amdal Lalin).

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, palang pintu perlintasan kereta api tersebut sempat memakan korban jiwa. Sedikitnya 5 orang meninggal saat peristiwa tabrakan antara Kereta Api Probowangi dengan mobil Innova di perlintasan Mall Roxy Square, Minggu 16 Agustus yang lalu.

Diberitahukan sebelumnya bahwa satu keluarga yang mengendarai mobil Ahad (16/8).tewas tertabrak kereta api (KA) Probowangi jurusan Surabaya-Banyuwangi di KM 129/2+3 di palang pintu depan pertokoan Roxy, Kabupaten Jember, Jawa Timur,

Lima orang tewas yakni Abdul Aziz (44), Fitriya (37, istri Abdul Aziz), Laila (kakak Fitriya), Wildan (8), dan sopirnya Kasianto, sedangkan Wanda (16) dan Winda (9) mengalami luka berat. Semua korban adalah warga Kabupaten Jombang.

Dari  hasil rapat dinas perhubungan propinsi  Jawa Timur Tertanggal 20 Oktober 2015 ada 5 kesepekatan. pertama Pengajuan ijin perpanjangan dilakukan oleh PT Roxi. Sedangkan yang kedua adalah pihak pengembang siap membongkar pos penjagaan tertanggal 23 hari ini dibantu PT KAI

Pada poin ketiga mengadakan sosialisasi kepada pedagang kaki lima yang mendekat dirumija disekitar rel. dan eksekusi bangunan liar disekitar rel oleh PT KAI. terakhir pedagang yang dilokasi yang dieksekusi disiapkan untuk relokasi ke roxi mall yang terdiri dari 28 kios. (ruz)

Berita Terkait Ekonomi Bisnis

No comments: