"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Monday, October 26, 2015

Warga Randuagung Protes Kandang Ayam

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Dinilai mengganggu lingkungan, puluhan warga Karang Sumber, Desa Randuagung, Sumberjambe Senin (26/10) meluruk kantor Desa Randuagung. Mereka memprotes keberadaan kandang ayam.

Untuk menyampaikan kekesalan, mereka membawa lalat yang dibungkus plastic dan nampan ke Kantor desa. Mereka gerah karena sebelumnya keluhan atas berdirinya kandang yang berkapasitas ribuan ayam potong di Dusun Karang Sumber yang didirikan sejak setahun lalu (2014) tidak  pernah digubris.

Pasalnya keberadaan kandang ayam ini menimbulkan bau menyengat, sehingga mengganggu aktifitas warga. seperti warung disekitar kandang ayam omsetnya menurun. “Gak ada yang mau beli mas, mereka jijik karena banyak lalat dan bau," kata Ashary (30) salah satu anggota Badan Perwakilan Desa (BPD) Randuagung di Kantor Desa Randuagung.

Menanggapi keluhan tersebut, Kepala Desa Randuagung Mohammad Zaenal saat menemui warga mengatakan akan mengundang pemilik kandang ayam tersebut untuk dipertemukan dengan warga. “ Yang jelas apapun kehendak warga saya selalu mendukung, semua ini demi keamanan dan kenyamanan desa", ucap Zainal.

Warga meminta Surat Ijin Gangguan yaitu HO yang diterbitkan Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Jember (KLH) agar di tunjukkan karena warga yang masuk dalam radius terdekat kandang ayam merasa tidak pernah menandatangani dan menyetujui.

Sementara itu, Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Jember Trilaksono Titot saat dihubungi wartawan via ponsel mengatakan akan menindaklanjuti laporan warga tersebut. Walaupun ada HO nya, apabila warga komplain KLH akan meninjau kembali lokasi kandang ayam tersebut.

Direktur LSM-AMPUH (Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup) Subhan Adi, SpdI mengecam keras keberadaan kandang ayam tersebut. untuk itu pihaknya segera mengirimkan pengaduan ke KLH Jember. “ Kami akan mendesak KLH untuk melakukan penutupan operasi kandang ayam itu", tegasnya.(midd)

Berita Terkait Lingkungan

No comments: