"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Wednesday, November 25, 2015

AJI Minta Media Dorong Isu Perlindungan Buruh Migrant

Jember,MAJALAH-GEMPUR.Com. Media massa jangan hanya memberitakan kisah sedih tentang buruh migrant semata, melainkan juga memberikan way out atau solusi atas persoalan buruh migran dari hulu hingga ke hilir.

Media punya andil cukup besar dalam mendorong isu perlindungan buruh migran. Demikian kata Sekretaris Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jember, Sri Wahyunik, saat ditemui di stand Aliansi Jurnalis Independen (AJI)  di lokasi pameran Jambore Buruh Migran Indonesia Tahun 2015 di Universitas Jember. Rabo (25/11)

“Selama ini media sebatas memberitakan kisah, tanpa coba mengekspos sisi lain, musabab terjadinya kisah sedih itu misalnya.  Apakah peraturan pemerintah yang kurang berpihak, atau tentang komitmen pemerintah dalam melindungi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri. Kata Yuni, sapaan karib Sri Wahyunik,

“Nah, disinilah media punya peran besar, utamanya support melalui pemberitaan,” Pungkas wartawati harian Surya ketika bersama teman-teman jurnalis lainnya di stand AJI yang didirikan di Lokasi Jambore Buruh Migran yang berlangsung mulai tanggal 23 dan berakhir 25 November 2015.

Dalam Stand tersebut, AJI Jember memberikan edukasi kepada pengunjung agar cerdas memilih media. Selain itu, AJI juga mendorong bagaimana pers terlibat dalam perlindungan buruh migran dengan lebih banyak mengangkat isu buruh migran dalam pemberitaan-pemberitaanya. (ruz/midd)

Berita Terkait Perburuhan

No comments: