"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Saturday, November 21, 2015

Diduga Bocor, Razia Tambang Emas Liar di Jember Nihil

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Puluhan aparat gabungan dari Perhutani Jember, TNI Rayon Militer dan Polsek Wuluhan Sabtu (21/11). kembali gelar merazia tambang emas liar di kawasan Gunung Manggar, Desa Kesilir kecamatan Wuluhan.

Namun, saat petugas yang menyisir area gunung Manggar yang diduga masih ada aktifitas penambangan emas, kawasan itu lagi-lagi nampak sepi dan tak ada aktifitas. Hanya terlihat belasan tenda kosong yang ditinggal oleh para penghuninya.

Selanjutnya, aparat gabungan menutup lubang bekas galian tambang yang telah ditinggalkan. Aparat menguruk galian itu menggunakan tanah serta bebatuan yang berada di sisi kanan kiri lubang. Penutupan ini dilakukan, agar para penambang tak lagi dapat menggunakan tempat itu untuk mengeruk material emas.

Setelah itu, petugas membakar tenda-tenda yang digunakan para penambang untuk berteduh. Tenda ini juga sebagai tanda jika lubang galian tersebut aktif dan masih ada aktifitas pengerukan material emas yang dilakukan oleh penambang. Oparasi ini diduga bocor, sehingga para penambang menghentikan aktivitasnya.

“Kegiatan penutupan galian tambang ini rutin dilakukan oleh Perhutani bersama sejumlah stake holder. Diantaranya, TNI, Polri, LMDH (Lembaga Masyarakat Daerah Hutan) dan LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat),” kata Djohan Surjoputro, Administratur Perhutani Jember, disela-sela razia tersebut.

Sebagai penjaga ekosistem, fungsi hutan terhadap lingkungan harus terjaga dengan baik. Salah satunya adalah dengan menjaga tegakan (pepohonan) secara baik. “Oleh karena itu, kedepan! kegiatan semacam ini akan terus kita lakukan, seminggu atau dua minggu sekali, tergantung dari prioritas,” pungkas Djohan. (ruz)

Berita Terkait Lingkungan

No comments: