"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Wednesday, November 25, 2015

Jelang Pilkada Serentak, Situasi Politik Di Jember Kondusif

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Situasi jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kabupaten Jember 2015 sampai saat ini terpantau kondusif. Kondisi ini tak lepas dari peran jurnalis yang selalu mempublikasikan informasi.

“Alhamdulillah Jember sejuk, sehingga tidak masuk zona merah atau daerah bermasalah, bahkan Jember dinobatkan salah satu Kabupaten paling siap melaksanakan Pilkada, Itu diakui Kemendagri,” Demikian kata Komisioner KPU Jember, Ahmad Hanafi saat Sambung Rasa Jurnalistik di Hotel Panorama, Rabu (25/11).

Kondusifnya situasi dan Suksesnya pelaksanaan Pilkada ini menurut Hanafi, dapat terlihat dari empat indikator yakni produk hukum yang akomodatif, penegakkan aturan yang baik, penyelenggara pemilu yang independent, dan terpilihnya pemimpin yang berkualitas.

“Untuk produk hukum, UU nomor 8 tahun 2015 sudah sangat cukup akomodatif.  Penegakkan aturan, di Jember sangat minim laporan panwas, hanya sekitar 11 laporan dan beberapa saja yang dinyatakan sah sebagai laporan. Itupun hanya sebatas pelanggaran administrasi,” Jelasnya.

Sementara penyelenggara pemilu, baik KPU maupun Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Menurut Hanafi, sangat menjunjung tinggi azaz independensi. dan yang terakhir untuk pemimpin yang berkualitas. Ini baru akan diketahui pasca penetapan hasil Pilkada Jember 2015.

Sementara Pemilih yang cerdas akan melahirkan pemimpin yang berkualitas. Pada prinsipnya, tujuan pemilu itu untuk melahirkan seorang pemimpin yang dikehendaki masyarakat. “saya kira semua calon bupati dan wakil bupati Jember ini adalah orang – orang yang terpilih dan yang terbaik,” ujar pria berkacamata itu.

Untuk mempertahankan kondsi ini, mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ini mengajak Jurnalis dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat.“Kami harap rekan jurnalis dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat, agar mereka dapat memilih pemimpin secara rasional”.  Harapnya.

Dalam kesempatan itu Hanafi mengapresiasi masyarakat Jember, terutama jurnalis. Karena Sejuknya sutuasi menjelang Pilkada Jember ini tak lepas dari peran masyarakat dan para wartawan yang mengabarkan informasi tahapan pilkada secara akurat,” Pungkas mantan Jurnalis TV ini. (Edw)

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: