"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Monday, November 30, 2015

KPU Jember Mulai Distrbusikan Surat Suara ke 31 Kecamatan

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember Jawa Timur Senin (30/11), mulai distribusikan surat suara dan perlengkapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) ke Panitia Pemilihan Kecatamatan (PPK) se Kabupaten Jember.

Dihari pertama ini, KPU mengirimkan logistik sebanyak delapan armada truck ke 16 kecamatan Jember. Distribusi logistik ini diawali dengan acara pelepasan logistik dengan pemotongan pita dan pemecahan kendi oleh Ketua KPU Jember, Achmad Anis dan Kabag Ops Polres Jember, Kompol Kusen Hidayat di Gudang KPU Jember.

Setelah ceremony selesai, sebanyak delapan truck diberangkatkan dengan dikendarai oleh karyawan KPU dan personel kepolisian sebagai pengamanan. “Hari ini pengiriman ke 16 kecamatan, yaitu Kaliwates, Ajung, Gumukmas, Puger, Patrang, Sumbersari, Sumberbaru, Tanggul, Sukorambi, Panti, Ambulu, Jenggawah, Mayang, Silo, Mumbulsari dan Tempurejo,” kata Ketua KPU Jember, Achmad Anis.

Pengiriman logistik, lanjut Anis, kembali dilakukan pada Selasa (1/12) besok ke 15 Kecamatan tersisa, yakni Semboro, Umbulsari, Pakusari, Arjasa, Jombang, Kencong, Bangsalsari, Rampibuji, Ledokombo, Kalisat, Wuluhan, Balung, Jelbuk, Sukowono dan Sumberjambe.

Divisi Perencanaan Anggaran dan Logistik KPU Jember, Dwi Endah Prasetyowati menuturkan, setelah terdistribusi ke tingkat kecamatan, selanjutnya Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mendapatkan tugas penyortiran surat suara, sebelum akhirnya didistribusikan ke masing - masing TPS se Jember.

“Di tingkat kecamatan akan ada penyortiran lagi. Setelah sebelumnya kita sudah melakukannya bersamaan dengan pelipatan surat suara. Ini langkah antisipatif agar surat suara yang sampai ke TPS benar benar dalam kondisi baik,” jelas Endah.

Endah menambahkan, melalui proses penyortiran hingga distribusi, seluruh logistik Pilkada ditargetkan sampai di TPS pada H-1 pemungutan suara. “Kami targetkan distribusi logistik selesai pada Selasa (8/12). Sehingga 9 desember 2015 nanti kami pastikan pemungutan suara di Jember berjalan lancar,” tegasnya.

Endah menyebutkan, jumlah total Surat suara untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jember ini sebanyak 1.939.789 lembar. Jumlah tersebut melebihi dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Jember yang telah ditetapkan sebelumnya, yakni sebanyak 1.892.435 pemilih.

“Jumlah SS ditambah sebesar 2,5 persen dari jumlah DPT per Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebagai SS cadangan,” ungkap Endah. Ketentuan itu berdasarkan PKPU nomor 6 tahun 2015 tentang norma, standar, prosedur, kebutuhan pengadaan dan pendistribusian perlengkapan penyelenggaraan Pemilu. (edw)

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: