"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Saturday, November 28, 2015

KPU Sosialisasi Pilkada di Lapas II A Jember

Jember , MAJALAH-GEMPUR.Com. Jelang Pilkada serentak,, Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus gelar sosialisai. Sosialisadi Sabtu (28/11) KPU di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) kelas II A Jember.

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang digelar Rabu (9/11). kini tinggal 11 hari, Divisi Sosialisasi dan Hubungan Antar Lembaga KPU Jember, Ahmad Hanafi menuturkan, seluruh warga Jember memiliki hak yang sama untuk memilih pemimpinnya lima tahun mendatang.

 “Sehingga, kami juga mensosialisasikan Pilkada ini kepada mereka. Kami berdialog dengan mereka saat awal sosialisasi. Ternyata, sebagian besar mereka sudah mengetahui jadwal pilkada (9 Desember) berikut para kandidat calon Bupati dan Wakil Bupatinya. Kami ikut senang dengan tersalurkan informasi ini,” jelas Hanafi.

Hanafi menyebutkan, sesuai dengan data, Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Lapas Jember adalah nomor 36 di Kelurahan Jemberlor Kecamatan Patrang. Berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT), jumlah narapidana yang memiliki hak pilih di TPS tersebut sebanyak 451 orang.

 “Tetapi karena intensitas keluar masuknya pemilih disini yang tinggi, kami siagakan penggunaan surat suara cadangan. Jumlahnya 2,5 persen dari jumlah DPT di TPS tersebut,” kata Hanafi.

Saat sosialisasi, Hanafii menjelaskan tata cara pencoblosan surat suara yang sah, yakni mencoblos gambar calon, mencoblos nomor urut calon atau mencoblos wilayah lain asal tetap di dalam kolom pasangan calon. “Pencoblosan surat suara juga sah apabila mencoblos lebih dari satu kali tetapi di kolom yang sama,” terang Hanafi sambil membawa contoh surat suara siluet pasangan calon.

Mengenai potensi konflik yang bisa terjadi di dalam Lapas karena perbedaan suara dalam Pilkada ini, Hanafi mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak Lapas.” Kami sudah koordinasikan untuk keamanan di Lapas ini. Saya kira itu tidak ada masalah,” tandasnya.

Dia mengapresiasi atas track record di Lapas yang hampir selalu mencatatkan partisipasi 100 persen saat penyelenggaraan Pemilu berlangsung. Oleh sebab itu, pihaknya berharap agar pencapaian itu terus berlanjut pada Pilkada Jember 2015 ini.

Sementara itu, salah satu narapiadana, Anton Hartono mengaku siap untuk menyalurkan suaranya pada Pilkada 9 Desember mendatang. “Sekarang informasinya sudah jelas. Kami tahu cara menyalurkan hak suara kami dalam Pilkada nanti,” kata warga asal Kelurahan Gebang itu. (edw)

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: