"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Tuesday, November 24, 2015

Negara Harus Hadir Lindungi Buruh Migran Indonesia

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Duta Buruh Migran di delapan Negara, Melanie Subono  menekankan pentingnya kehadiran ‘Negara’ dalam melindungi warganya, terutama para buruh migran Indonesia diluar negeri.

Penegasan ini sebagai penegasan terhadap tema Janbore Buruh Migran Indonesia Tahun 2015 di Universitas Jember yang mengusung tema Migrant Care sebagai penggagas acara, 'Negara Hadir, Buruh Migran Terlindungi'. "(Jika saja) negara hadir, (maka) buruh migran akan terlindungi,” katanya, saat berkunjung ke stand AJI.

 Adik promotor kondang Adrie Subono ini menyindir peran pemerintah selama ini, hanya menyelesaikan persoalan kasus perkasus, tanpa mencari masalah mendasar yang dihadapi TKI. “Misalnya, bicara soal perlindungan. Yang dimulai dari saat bekerja keluar negeri hingga pulang ke negaranya,” jelas Melanie.

Melanie  juga menyinggung soal regulasi yang harus adil dan tidak berat sebelah, “Selama ini masih saja ada monopoli dari keberangkatan hingga penempatan. Misalnya, soal travel serta agen yang menempatkan TKI. " tegas Peraih Best Solo Female Rock Singer, Anugerah Musik Indonesia  (AMI) Award 2008)  ini.

Pemilik album Myself yang dirilis tahun 2007 itu berkelakar saat ditanya tidak hadirnya Presiden RI Joko Widodo, yang direncanakan membuka jambore. Sembari tertawa Melanie berucap, “Presiden tidak hadir, buruh migran tidak terlindungi”, kalimat itu adalah pelesetan dari tema jambore “Negara hadir, buruh migrant terlindungi”.

Perempuan kelahiran Hamburg, Jerman, tersebut berada di Jember untuk menghadiri jambore yang akan ditutup hari ini, Rabu (25/11). Melanie rencanya berada di Jember selama dua hari, sejak Selasa (24/11) kemarin, hingga Rabu (25/11).

Perempuan berkulit putih dan berperawakan tinggi ini juga mengajak teman-teman artisnya untuk mengisi acara di Jambore Nasional Buruh Migran 2015 ini. Artis yang akan datang dan meramaikan jambore Buruh Migran ini antara lain Endah - Rhesa, Ridho Slank, dan Adjis Doa Ibu (komika). (ruz)

Berita Terkait Perburuhan

No comments: