"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Sunday, November 1, 2015

Pemkab Jember Canangkan Kunjungan Wisata

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Pemkab Jember melalui Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Jember mencanangkan tahun 2017 sebagai tahun kunjungan wisatawan baik luar negeri maupun domestik.

Dengan banyaknya wisatawan yang datang ke Jember diharapkan akan memberikan geliat ekonomi yang menunjuang Pembangunan Daerah terutama dari sektor Pariwisata yang berdampak terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD),  selain menunjang ekonomi rakyat terutama warga di sekitar obyek wisata.

Hal itu dikemukakan Kepala Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Jember Sandi Suwardi Hasan saat mengisi Seminar tentang Kesenian Tradisional Sebagai Potensi Pembangunan Pariwisata Daerah, Minggu (1/11) di aula Universitas Moh Sroedji yang dihadiri Poerwanto Pengamat Seni dan Budaya serta praktisi hukum Ahmad Kholili.

Promosi tidak bisa dilakukan secara membabi-buta, harus ada persiapan sarana penunjangnya.“ Promosi tidak bisa serta merta dilakukan sembarangan. Harus terukur baik, dipersiapkan segala sesuatunya terutama sarana dan prasarana penunjang di seluruh destinasi yang akan dipromosikan”, ujar Sandi.

Sandi menambahkan, sarana dan prasarana yang dimaksudkan disini antara lain home stay atau penginapan yang memadai misalkan jika wisatawan asing harus diperhatikan kebersihan dan kerapian walaupun penginapannya model tradisional.

Disamping itu juga diperhatikan infrastruktur fisik, jalan yang baik menuju tempat wisata, adanya toilet yang berkualitas bersih dan tidak rusak atau awet. Serta sarana lain yang menunjang kenyamanan baik wisatawan luar negeri dan dalam negeri.

Lebih lanjut Sandi menambahkan, jika Pemkab Jember menginginkan adanya peningkatan PAD dari sektor Pariwisata perlu ditambahkan biaya promosi.  Dengan catatan setelah sarana dan prasarana pendukung yang ada di kawasan sekitar obyek atau tempat wisata sudah terpenuhi dengan baik.

“Perlu adanya kerjasama yang baik dengan semua pemagku kepentingan, mulai dari masyarakat, pengusaha, eksekutif serta legislatif untuk bersama-sama meningkatkan Pembangunan Daerah di Kabupaten Jember khususnya dari sektor Pariwisata”, pungkasnya. (midd)

Berita Terkait Hiburan

No comments: