"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Friday, November 6, 2015

Sepuluh Kecamatan Dapat Giliran Nobar Debat Cabup Jember

Jember,  MAJALAH-GEMPUR.Com. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jember Sabtu malam (7/10) gelar nonton bareng (nobar) debat Cabup dan Cawabup. Sepuluh kecamatan mendapat giliran pertama melaui layar lebar.

Sepuluh kecamatan sepuluh kecamatan yang  mendapat giliran nonton pertama debat Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakili Bupati (Cawabup) tersebut adalah Jelbuk, Sumberjambe, Silo, Sumbersari, Ajung, Patrang, Ambulu, Rambipuji, Tanggul dan Kecamatan Puger.

“Lokasi nonton bareng telah kami tentukan, ada yang di halaman sekolah, lapangan desa atau alun-alun kecamatan maupun halaman kantor desa dan halaman kantor kecamatan” Kata  Anggota Divisi Sosialisasi Dan Hubungan Antar Lembaga KPU Jember, Ahmad Hanafi, Jum’at (6/11).

KPU Jember menjadwalkan agenda debat dalam tiga putaran, yakni tanggal 7, tanggal 14 dan 21 November 2015, yang bertempat di Ballroom Hotel Cempaka, Jalan cempaka Jember. Kesemuanya akan disiarkan secara langsung melalui siaran televisi lokal dan radio local Jember.

Dari 31 kecamatan di Jember, KPU membagi mejadi tiga tahap agar pelasanaan debat cabup dapat diakses semua masyarakat. Debat pertama digelar nobar di 10 kecamatan, debat kedua 10 kecamatan, sedangkan debat terakhir akan digelar nobar di 11 kecamatan.

“Nah, siaran langsung itu yang akan dijadikan sarana oleh Panitia Pemilihan di tingkat kecamatan (PPK) untuk nobar dengan menyiapkan layar lebar di masing-masing kecamatan” Tambahnya.

Materi debat dibagi tiga tema dalam tiga tahapan, “Besok, temanya ‘Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dan Memajukan Daerah, dua tema tanggal 14 dan 21 November ‘Meningkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat dan Menyelesaikan Persoalan Daerah’, serta ‘Menyerasikan Pelaksanaan Pembangunan Daerah, Provinsi, Nasional, serta Memperkokoh NKRI dan Kebangsaan’. jelasnya

Dalam  menjaga netralitas, KPU menyiapkan moderator dari unsur akademisi dan profesional. Dari Akademisi Unej Agung Purwanto, Akademisi IAIN Jember, Nur Solikin, dan wartawan senior Aga Suratno. “debat besok, dipandu oleh Agung Purwanto. Nur Solikin dan Aga Suratno pada debat berikutnya,” lanjutnya.

Ada 90 menit yang disediakan, 60 menit peyampaian dan pendalaman visi misi, serta kesempatan saling bertanya antar kandidat. “Sebagai penutup, closing statment, tiap-tiap paslon, sekaligus kesmipulan dari konsep utuh yang disampaikan masing-masing paslon,” papar Hanafi. (ruz/nidd)

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: