"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Monday, December 7, 2015

Jelang Pemungutan Suara, Jember Gelar Deklarasi Damai

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Dua hari menjelang pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jember 2015, seluruh pihak terkait Senin (7/12) mendeklarasikan kesepakatan Pilkada damai di Alun – Alun Jember.

Acara yang digawangi Kepolisian Resor (Polres), bersama Penjabat Bupati, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih), Pengadilan Negeri (PN), Kejaksaan Negeri (Kejari), Komando Distrik Militer (Kodim), dan kedua Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Jember.

Seluruh pihak yang hadir dalam acara tersebut sepakat untuk melaksanakan Pilkada damai dan kondusif di Jember. Hal ini ditunjukkan dengan penandatangan MoU deklarasi damai oleh beberapa pihak terkait.

Sebelumnya, Kapolres Jember membimbing kedua paslon baik nomor urut 1, Sugiarto, SH – dr. Dwi Koryanto, Spbs maupun nomor urut 2, dr. Faida, MMR – Drs. Abdul Muqit Arief untuk membacakan ikrar ‘Siap Terpilih dan Siap Tidak Terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Jember 2015’

Dalam sambutannya, Kapolres Jember, AKBP Sabilul Alif SH, SIK mengatakan, untuk pengamanan pemungutan suara pihaknya akan mengerahkan sebanyak 1.200 personel kepolisian Jember.  “Kami juga akan dibantu oleh pasukan Brimob dari Lumajang sebanyak 100 personel atau 1 SSK (Satuan Setingkat Kompi), dari Probolinggo sebanyak 1 SSK dan jika diperlukan , maka akan ada tambahan 1 SSK lagi dari Bondowoso,” kata Sabilul.

Selain personel kepolisian, pengamanan Pilkada juga akan melibatkan Tentara Negara Indonesia (TNI) sebanyak 304 personel dan juga Linmas sebanyak 8.694 orang yang akan tersebar di 4.347 unit Tempat Pemungutan Suara (TPS) se Kabupaten Jember.

 “Kami berharap untuk kedua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati untuk sepakat, bahwa setelah ada pengumuman hasil Pilkada tidak ada pengerahan pasukan dalam bentuk apapun. Ini untuk mewujudkan Pilkada yang sejuk, aman dan damai,” kata Sabilul.

Sementara itu, Ketua KPU Jember, Achmad Anis menuturkan, tugas pengamanan Pilkada ini merupakan tugas yang mulia Sehingga diharapkan seluruh pihak dapat bertugas dengan sungguh sungguh. “Kami sampaikan terima kasih atas dukungannya selama ini dan selamat bertugas pada 9 Desember nanti,” kata Anis.(Edw)

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: